Ilustrasi perempuan memilih kosmetik atau make-up yang sesuai/Freepik
Fashion

Cara Agar Make-up Lebih Tahan Lama 'Anti Badai' di Cuaca Tak Menentu

Mutiara Nabila
Jumat, 3 November 2023 - 19:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kesadaran untuk mempercantik diri semakin tinggi, tercermin dari semakin banyaknya produk kosmetik dari perawatan hingga riasan yang muncul. 

Tak hanya kesehatan kulit yang menunjang penampilan untuk tampak bagus, tapi kualitas produk, kecocokan produk, dan cara pemakaian produk akan mempengaruhi hasil tampilan akhir riasan yang dipakai. 

Namun, dengan cuaca yang berubah-ubah, seperti sedang panas terik tiba-tiba tiba hujan lebat dan angin, kadang membuat orang jadi kesulitan mengaplikasikan riasan, karena menjadi cepat luntur atau tidak tahan lama. 

Berikut ini, beberapa cara yang bisa diikuti untuk membuat make-up yang digunakan bisa lebih tahan lama di tengah cuaca yang berubah-ubah, berikut ini:

1. Rutin membersihkan wajah

Di tengah musim pancaroba, Dokter Kecantikan Kardiana Purnama Dewi mengatakan bahwa produksi minyak pada kulit wajah bisa menjadi berlebihan. Hal ini dapat mengganggu kesehatan kulit. 

Oleh karena itu, untuk memastikan kulit wajah tetap sehat, bersih, dan lembab, jangan pernah lewatkan membersihkan wajah agar makeup tetap teraplikasi dengan sempurna.

Untuk tipe kulit kering, hindari mencuci wajah dengan menggunakan scrub atau exfoliator. Setelah dibersihkan dengan sabun khusus wajah, jaga kelembabannya dengan pelembab yang kaya kandungannya, seperti protein, mineral dan sebagainya. 

2. Kenali tipe kulit agar tak salah memilih produk

Gunakan produk kecantikan sesuai dengan jenis kulit untuk membuat makeup lebih awet dan wajah terlihat segar sepanjang hari. 

Pasalnya, cuaca ekstrem juga dapat menyebabkan kondisi kulit dehidrasi, sehingga bisa membuat kulit kering atau kusam. 

Untuk kulit berminyak, gunakan pelembab bertekstur lotion atau menggunakan bahan dasar air. Sedangkan untuk kulit kering, pelembab bertekstur cream bisa digunakan untuk membantu menambah kadar air dalam kulit. 

3. Hindari make-up yang terlalu tebal 

Terlalu banyak menggunakan bedak yang tebal bisa membuat produk kecantikan justru terkelupas, terutama ketika di cuaca panas. Apalagi jika aktivitas yang dilakukan banyak di luar ruangan. 

Selain itu, pilih produk makeup tahan air seperti waterproof mascara, eye liner, atau lipstik yang cenderung lebih tahan lama. 

4. Rutin pakai sunscreen dalam cuaca apa pun

Akhiri langkah-langkah penggunaan skincare sebelum menggunakan make-up dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk mencegah efek buruk yang bisa timbul dari paparan sinar matahari. 

Sinar matahari mengandung gelombang radiasi UVA dan UVB yang dapat menembus jendela. Produk skincare seperti sunscreen penting digunakan meski beraktivitas di dalam rumah atau di tengah cuaca mendung. 

Dokter Kecantikan, dr. Abelina menyebutkan, untuk menangkal sinar UVA dan UVB, pakai sunscreen berformula multi-spectrum atau broad-spectrum. Kulit orang Indonesia cukup memilih sunscreen dengan SPF 30-50 PA++++.

5. Gunakan setting spray untuk mengunci make-up

Produksi minyak yang berlebih pada kulit merupakan salah satu penyebab utama make-up cepat luntur. Untuk mencegahnya, selalu sediakan blotting paper atau kertas penyerap minyak wajah untuk menghilangkan penumpukan minyak pada wajah.

Atau langkah lainnya, bisa dengan menyemprotkan setting spray pada wajah setelah mengaplikasikan make-up. Fungsi setting spray adalah untuk menjaga riasan tetap awet, tidak mudah luntur, dan terlihat menyatu dengan kulit wajah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro