Ilustrasi/Dailymail
Health

6 Kebiasaan yang Bisa Melatih Otak Lebih Bahagia

Redaksi
Jumat, 3 November 2023 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menjadi lebih bahagia merupakan keinginan semua orang tetapi sering kali keinginan tersebut tidak dapat tercapai karena tekanan dalam hidup ataupun penyebab lainya. 

Menurut Laporan Kebahagiaan Dunia tahun 2022, beberapa orang yang beruntung memang secara alami lebih bahagia hingga 40 persen dan perbedaan kebahagiaan antara manusia disebabkan oleh perbedaan genetik manusia. 

Beberapa orang akan terlahir dengan serangkaian varian genetik yang membuatnya lebih mudah untuk merasa bahagia, sementara yang lain kurang beruntung.

Namun bahkan di luar DNA dan keadaan eksternal kita, kita semua memiliki kekuatan dalam diri kita untuk menjadi lebih bahagia. 

Lebih khusus lagi, penelitian dan temuan dari The BIG JOY Project telah mengungkap bahwa kebiasaan mikro adalah kunci sebenarnya untuk meningkatkan kebahagiaan (dan menjadikannya bertahan lama). 

Mempraktikkan perilaku dan aktivitas sehari-hari yang sederhana, dapat ditindaklanjuti, dan realistis, dengan sedikit konsistensi dan komitmen, dapat benar-benar mengubah otak  untuk merasakan lebih banyak kegembiraan, menjadi lebih bahagia, dan menjalani dunia dengan lebih positif. 

Para peneliti menyebut momen kegembiraan sementara sebagai “kebahagiaan hedonis". Hal ini adalah keadaan emosi menyenangkan yang terasa luar biasa, namun bukanlah sumber kegembiraan yang berkelanjutan. 

Kebahagiaan yang bertahan lama disebut “kebahagiaan Eudaimonic,” dan mencakup perasaan memiliki yang lebih dalam, rasa akan nilai pribadi, makna dan tujuan, serta pembelajaran dan pertumbuhan. 

Ketika seseorang menghadapi kesulitan, kita dapat kembali melakukan latihan yang akan mengarahkan otak kita ke tempat yang damai dan sumber kegembiraan yang lebih berkelanjutan dan tidak mudah terombang-ambing. 

Dilansir dari realsimple.com pada Jumat (3/11/2023), ada beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk membuat otak lebih bahagia.

1. Lakukan 5 Hal Baik Setiap Hari

Jangan pikirkan hal baik besar yang harus kamu lakukan dan membebani diri. Hal baik bisa dimulai dari hal-hal kecil di sekitar kamu. 

Pikirkan tentang menghadiahkan momen kebahagiaan kecil kepada orang lain atau orang tua, kirimkan pesan teks lucu kepada teman, tulis komentar positif di postingan Instagram, membuang sampah pada tempatnya, ataupun berbagi.

2. Fokus Pada Rasa Syukur

Buatlah hal yang konkret, tuliskan, ucapkan dengan lantang, pikirkan hal baik pertama di pagi hari dan perasaan bersyukur. Buatlah daftar hal-hal yang kamu syukuri entah itu hal  kecil maupun hal besar. 

Rasa syukur adalah penangkal stres. Kita bisa mengarahkan diri kita ke jalur yang lebih positif untuk hari ini jika kita memulai pagi hari dengan rasa syukur.

3. Rasakan Alam 

Pergilah ke luar setiap hari dan biarkan cahaya alami, suara, bau, dan lingkungan sekitar menurunkan stres dan meningkatkan semangat. Atau pergilah berlibur di tempat yang indah untuk meningkatkan kebahagiaan dan menghilangkan stres. 

Keluarlah dan perhatikan pemandangan atau tanaman hijau perkotaan di sekitar dengan membuka semua indra dan bergerak secara sadar. 

4. Refleksi Terhadap Hal Negatif

Hal-hal buruk terjadi, dan akan terus terjadi. Akui rasa sakit, ketidaknyamanan, kemarahan lalu  kemudian bekerja keraslah untuk mengubah perspektif dengan menemukan manfaat dalam kerumitan sehari-hari. 

Salah satu modifikasi yang bermanfaat jika kamu merasa sangat terjebak dalam cara-cara pesimistis maka ingat kebiasaan itu  dapat dihentikan. Mulailah dari hal yang lebih kecil: Lihat apakah kamu dapat mengubah perspektif untuk menemukan sesuatu yang lebih netral tentang kemunduran atau keluhan. 

5. Manfaatkan Peristiwa Positif Untuk Orang Lain

Hal ini sejalan dengan menunjukkan kebaikan terhadap orang lain, tetapi ini sebenarnya tentang mendengarkan dan hadir untuk orang yang dicintai. Mintalah dan mendengarkan secara aktif cerita tentang apa yang terjadi dalam kehidupan orang lain. 

6. Tegaskan Nilai-nilai Penting Dalam Hidup

Jika tindakan dan keputusan hidup tidak selaras dengan nilai-nilai terdalam dalam hidup maka ketidakbahagiaan akan selalu tertinggal jauh. Selalu ingatkan diri tentang apa yang paling berharga di dunia ini, lalu pertimbangkan apakah kamu hidup untuk hal tersebut atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro