Ilustrasi air lemon atau lemon infused water/Medicine.net
Health

5 Manfaat Mengkonsumsi Air Lemon Untuk Kesehatan

Redaksi
Sabtu, 4 November 2023 - 15:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sering kali seseorang malas untuk minum air karena rasanya yang sama ataupun karena alasan lainya. Namun, menambahkan lemon atau jeruk nipis ke dalam air membantu memberi rasa dan mengurangi dehidrasi. 

Otak sebagian besar terdiri dari air, sehingga kekurangan air akan berdampak buruk dan mengakibatkan gejala dehidrasi ringan seperti kelelahan, mudah tersinggung, dan kesulitan berkonsentrasi atau yang parah seperti kebingungan, ketidakmampuan untuk membentuk kalimat, pingsan, dan bahkan kematian.

Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan sembilan gelas setiap hari untuk wanita dan 13 setiap  untuk pria. Dengan menambahkan lemon ke dalam air membantu kita memenuhi kebutuhan air setiap hari. 

Air lemon memberikan rasa yang segar dan juga manfaat yang cukup banyak untuk tubuh. Sebagian besar manfaat yang dilaporkan dari meminum air lemon mengungkap manfaat nutrisi dan kesehatan dari lemon.

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya terdapat beberapa manfaat air lemon sebagai berikut: 

1. Air Lemon Dapat Membantu Pencernaan

Asam sitrat yang ditemukan dalam lemon dikatakan membantu meningkatkan sekresi asam lambung, yang membantu memecah dan mencerna makanan. Jadi, selain tetap terhidrasi, air lemon juga bisa membantu pencernaan. 


2. Asam Sitrat Berpotensi Mencegah Batu Ginjal

Asam sitrat dalam lemon diperkirakan dapat mencegah batu ginjal dengan membuat urin menjadi kurang asam. Air lemon juga berpotensi memecah batu ginjal berukuran kecil.


3. Sumber vitamin C Yang Baik

Vitamin C membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas karena sifat antioksidannya, meningkatkan kolagen agar bekerja secara maksimal, dan membantu produksi hormon. 

Untungnya, itu ditemukan dalam lemon. Meskipun air lemon tidak memiliki banyak vitamin C, menambahkan lemon ke dalam air adalah cara yang bagus untuk menambahkannya ke dalam makanan. 


4. Mencegah Oksidasi

Seperti semua produk lainnya, lemon mengandung fitonutrien yang melindungi tubuh dari penyakit. Fitonutrien ini memiliki sifat antioksidan kuat, yang mencegah kerusakan sel akibat oksidasi, mekanisme. 


5. Memberikan Dorongan Potasium

Tubuh tidak dapat berfungsi tanpa potasium. Hal ini diperlukan untuk komunikasi saraf-otot, pengangkutan nutrisi dan limbah, serta pengaturan tekanan darah. Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan sumber potasium yang penting. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro