Parasetamol/News.com.au
Health

Hati-hati! Ini Efek Samping Kebanyakan Minum Parasetamol

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 7 November 2023 - 13:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Parasetamol menjadi salah satu obat yang paling populer di tanah air.

Baik untuk anak-anak atau dewasa untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam.

Tapi tahukah Anda jika mengonsumsi terlalu banyak parasetamol dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius karena dijual tanpa resep?

Meskipun merupakan pereda nyeri dan pereda demam yang banyak digunakan, melebihi dosis yang dianjurkan dapat menyebabkan beberapa efek samping yang berbahaya.

Berikut efek samping berlebihan minum parasetamol

1. Mempengaruhi fungsi hati​

Yang pertama dan penting, overdosis parasetamol dapat membebani kemampuan hati untuk memproses obat, sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan hati. Hal ini karena parasetamol terutama dimetabolisme di hati, dan konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penumpukan produk samping beracun yang merusak sel-sel hati. Gejala kerusakan hati mungkin tidak langsung muncul, sehingga deteksi dini menjadi sulit.

2. Keracunan parasetamol​

Selain itu, overdosis parasetamol dapat menyebabkan 'Keracunan Parasetamol' dengan gejala seperti mual, muntah, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan. Gejala-gejala ini dapat disalahartikan sebagai penyakit lain, sehingga menunda pengenalan overdosis.

3. Mengancam jiwa

Overdosis parasetamol dapat menyebabkan gagal hati akut, dan penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati permanen yang memerlukan transplantasi hati. yang merupakan kondisi yang mengancam jiwa. Hal ini dapat menyebabkan penyakit kuning, kebingungan, dan bahkan koma. Jika tidak ditangani, hal ini bisa berakibat fatal. Terkadang hal ini juga dapat menyebabkan cedera ginjal.

Untuk mencegah efek berbahaya ini, sangat penting untuk mengikuti petunjuk dosis yang dianjurkan pada label obat dan segera mencari pertolongan medis jika diduga terjadi overdosis. Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi kerusakan dan meningkatkan peluang pemulihan penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro