Ilustrasi kulih wajah mengalami penuaan dini/Times Now
Health

Ini Dia Sel Penyebab Orang Lebih Cepat Tua dari Usianya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 8 November 2023 - 10:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sekelompok ilmuwan China telah mengidentifikasi sel yang mempercepat proses penuaan.

Berdasarkan makalah yang belum diedit yang diterbitkan oleh jurnal Nature pada tanggal 31 Oktober.

Sel-sel ini mengelilingi neuron motorik di sumsum tulang belakang yang membuat orang menjadi memiliki gaya berjalan Parkinson.

Ini merupakan sebuah gejala yang biasa terlihat pada orang lanjut usia, ini juga dikenal sebagai gaya berjalan menyeret.

“Kluster sel yang berbeda ini harus memiliki tujuan hidup yang spesifik. Penyelidikan lebih lanjut kami mengungkapkan bahwa mereka mengeluarkan protein ‘beracun’ yang berkontribusi mempercepat penuaan neuron motorik,” Liu Guanghui dari Institut Zoologi Akademi Sains China dilansir dari Times of India.

​Bagaimana cara kerjanya sel tersebut?

Kelompok sel tersebut melepaskan protein kitinase 1 (CHIT1) yang mempercepat proses penuaan pada neuron motorik; jika tidak, protein ini hadir dalam konsentrasi yang sangat rendah di dalam tubuh.

“CHIT1 dapat membantu tubuh melawan patogen yang mengandung kitin tetapi dalam beberapa keadaan dapat diaktifkan untuk berkembang biak ribuan kali lipat, yang menyebabkan peradangan atau kerusakan, demikian temuan para peneliti,” paparnya.

Neuron motorik mengontrol pergerakan tubuh. Mereka mengarahkan otot rangka di tubuh dan dianggap sebagai sel paling sensitif di sumsum tulang belakang.

“Penelitian kami juga menegaskan bahwa neuron motorik adalah sel paling sensitif di sumsum tulang belakang ketika terjadi penuaan,” kata makalah tersebut.

Para peneliti telah mengamati konsentrasi protein CHIT1 yang lebih tinggi dalam cairan serebrospinal dan serum orang lanjut usia.

Bagaimana cara membalikkan penuaan?​

Para peneliti menguji apakah vitamin C dapat bekerja pada protein CHIT1 dan memperlambat proses penuaan. Vitamin C diberikan kepada 10 ekor kera cynomolgus berumur 17-18 tahun.

Monyet-monyet tersebut diberi dosis harian vitamin C sebesar 30mg/kg. Berdasarkan laporan media: Para peneliti melaporkan peningkatan “signifikan” pada indikator terkait penuaan pada neuron motorik monyet tua, yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin C oral dapat memberikan manfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro