Film Gampang Cuan/IMDb
Entertainment

Sinopsis dan Fakta-fakta Unik Film Gampang Cuan

Redaksi
Senin, 13 November 2023 - 15:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cerita tentang perjuangan anak rantau dan literasi keuangan dibungkus dalam film Gampang Cuan yang akan tayang serentak di bioskop Indonesia pada 16 November 2023.

Film yang ditulis oleh Rahabi Mandra dan Syahrun Ramadhan dan disutradarai oleh Rahabi Mandra. Film Gampang Cuan diperankan oleh Vino G Bastian sebagai Sultan, anak sulung dalam keluarganya. Anya Geraldine sebagai Bilqis, yaitu anak tengah. Alzi Markers sebagai Aji, yaitu anak bungsu dalam keluarga.

Selain itu, Meriam Bellina berperan sebagai Mamah Diah, yaitu ibu dari Sultan, Bilqis, dan Aji. Dimas Danang sebagai Evan. Pandu Winoto sebagai Njup. Anya Zein sebagai Nabila. Iang Darmawan sebagai Pak Is dan Soegi Indra Djhuaja sebagai Manager Golf.

Sinopsis Film Gampang Cuan 

Di tengah kesulitan keuangan keluarga yang berkepanjangan, Sultan, anak pertama yang bertahun-tahun tinggal di Jakarta dan selalu mengaku sukses untuk keluarganya di desa, dibuat bingung dengan kabar mendiang ayahnya meninggalkan warisan di desa. 

Namun warisan tersebut bukan kabar baik, pasalnya warisan tersebut adalah hutang. Hutang ini harus dilunasi dalam waktu 3 bulan atau rumah mereka di desa akan disita. 

Sayangnya, kabar tersebut datang bersamaan dengan kedatangan Bilqis, adik perempuannya, yang mengetahui bahwa semua kesuksesan Sultan hanya bersifat sementara. 

Sultan mencoba segala kemungkinan pekerjaan, sementara Bilqis nyaris terjun menjadi tukang pijat (hampir) plus-plus. 

Hingga akhirnya Bilqis menemukan saham yang menurutnya bisa menjadi jalan pintas dari segala permasalahannya. Alhasil, mereka harus bekerja sama mencari informasi saham-saham apa saja yang bisa menghasilkan keuntungan (insider trading). 

Namun informasinya sulit didapat, mereka juga terus menerus diganggu oleh Aji, adiknya yang nekat datang ke Jakarta dan selalu berusaha mencari uang untuk kuliah. Sultan dan Bilqis harus berusaha keras, mulai dari menjadi pemilih bola di lapangan golf, hingga nekat memberikan obat tidur kepada para miliarder di sebuah acara hanya untuk mengetahui saham mana yang akan hits bulan berikutnya. 

Namun segala usaha yang mereka lakukan sia-sia. Hal ini menyadarkan Sultan dan Bilqis bahwa yang dibutuhkan ibu mereka bukanlah rumah, melainkan anak-anaknya.

Pada akhirnya keluarga Sultan menggunakan seluruh uang yang mereka peroleh dari saham tersebut yang akhirnya melejit untuk membebaskan Sultan dan memulai kembali dari nol. Kali ini dengan kerja keras, investasi yang ketat, pengelolaan uang yang lebih baik dan yang paling penting, sebagai sebuah keluarga.

Fakta-Fakta Unik Film Gampang Cuan

Film ini mengandung berbagai fakta yang sangat real dengan kehidupan sekarang, terkhususnya bagi generasi milenial dan generasi sandwich.

Berikut fakta-fakta unik film gampang cuan yang telah dirangkum:

1. Gampang cuan merupakan film drama komedi, bukan film berat tentang bisnis

Film Gampang Cuan merupakan film dengan genre drama komedi. Meskipun memiliki judul film yang membawa kata cuan dan alur yang menggambarkan perjuangan untuk cuan tersebut, film ini bukan film yang secara kompleks membahas keuangan. Film ini masih bersifat hiburan tetapi mengedukasi. 

2. Bercerita Tentang Keluarga 

Dari alur cerita awal melalui sinopsis bisa diketahui bahwa film ini menceritakan keluarga yang juga dipertegas pada ending sinopsis. 

3. Identik dengan masa sekarang lebih khusus bagi generasi sandwich 

Penggambaran susahnya mencari pekerjaan yang bisa menyesuaikan kebutuhan, segala bentuk investasi, perjuangan anak rantau dan masalah warisan berupa hutang sering ditemukan dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini, sehingga film ini sangat mencerminkan keadaan sekarang. Uniknya, film ini memberikan solusi atas konflik yang muncul tersebut serta memberikan pandangan yang benar.

4. Sedikit sentuhan finansial

Sentuhan finansial ditemukan pada cerita investasi dan jatuh bangun anak dalam film ini. Sentuhan finansial membuat film ini menjadi film ini menarik karena  bentuk edukasi yang dibawakan dalam entertainment.

5. Film gampang cuan adalah kebutuhan

Secara umum uang adalah kebutuhan, maka film gampang cuan juga dapat menjadi kebutuhan, karena film ini akan menyadarkan penonton tentang cara yang benar dalam mencari uang. 

6. Beri semangat untuk anak rantau dan generasi sandwich

Film Gampang Cuan memberikan kesan kepada anak rantau dan generasi sandwich agar tetap menjalani hidup meskipun tidak bisa melawan keadaan dan harus menjadi tulang punggung keluarga bukan kewajiban karena masih ada ambisi yang harus diraih, semua tidak perlu ditakuti karena hal tersebut adalah jalan menuju sukses.

Selain itu, masih banyak lagi fakta-fakta unik film gampang cuan yang bisa kamu dapatkan. Penting diingat bahwa film ini akan tayang mulai 16 November 2023 di bioskop seluruh Indonesia.

Saksikan dan rasakan, apakah film ini benar identik dengan keadaan masyarakat sekarang? Atau bahkan related dengan keadaan kamu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro