Ilustrasi tidur siang
Health

Tips Sehat, Ini Terjadi Saat Tubuh Kurang Tidur

Redaksi
Senin, 20 November 2023 - 08:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tidur adalah cara mengistirahatkan tubuh dan mengisi kembali energi setelah beraktivitas seharian.Tidur juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental manusia.

The Sleep Foundation menyarankan bagi orang dewasa untuk menetapkan minimum jam tidur, yaitu tujuh jam setiap malamnya. Namun, banyak orang tidak mendapatkan jam tidur ideal karena terhalang oleh pekerjaan atau hanya sekadar bermain gadget hingga malam.

Jika esok hari berencana untuk tidur terlambat, maka pastikan di malam sebelumnya untuk tidur lebih cepat. Jika hal itu tidak berhasil, salah satu cara untuk menggantikannya adalah dengan tidur siang. Tidur dengan waktu yang sedikit dan dilakukan berulang-ulang kali akan memberikan dampak buruk yang serius.

Berikut ini merupakan dampak yang dapat terjadi jika mengabaikan waktu tidur:

1. Sulit Konsentrasi

Salah satu efek yang diakibatkan ketika kurang tidur adalah sulit berkonsentrasi. Tidur sangat berperan dalam proses berpikir, ketika anda kurang tidur maka dapat berpengaruh pada kemampuan kognitif, seperti kurangnya tingkat kewaspadaan, penalaran hingga cara memecahkan sebuah masalah.


2. Mudah Lupa

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah lupa. 

Terganggunya kemampuan otak dalam memproses sebuah ingatan, sehingga mengakibatkan proses mencerna informasi untuk beberapa hari kedeapan menjadi terganggu.


3. Mudah Sakit

Tidur yang cukup juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat berfungsi secara optimal dalam memproduksi sitokin, senyawa yang mampu melawan bakteri dalam tubuh. Jika Anda kurang tidur, maka sistem kekebalan tubuhpun tidak optimal yang menyebabkan mudahnya terserang penyakit.

4. Mudah Stres

Dampak selanjutnya adalah mudah stres. Kurang tidur juga mempengaruhi bagaimana perasaan Anda di sepanjang hari, sehingga hal itu dapat mempengaruhi bagaimana ketika Anda mengambil keputusan.

5. Naik Berat Badan

Kurang tidur menyebabkan naiknya berat badan. Hal itu terjadi karena perubahan durasi jam tidur diikuti dengan perubahan metabolisme tubuh. 

Kurangnya jam tidur membuat rasa lapar juga meningkat sehingga makanan yang dikonsumsi semakin banyak. Biasanya, terjadi pada anak-anak dan remaja.

Maka, usahakan untuk selalu tidur dengan waktu yang cukup. Jam tidur mungkin terlihat suatu hal yang sepele, namun dampaknya sangat nyata. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro