Tips mengatasi lemak dan perut buncit/Ilustrasi /fitnessformen.co.id
Health

Tips Sehat, 10 Cara Mengurangi Lemak di Perut Buncit

Redaksi
Senin, 20 November 2023 - 17:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Lemak di perut sangat sulit dihilangkan, karena membutuhkan olahraga dan dilakukan secara rutin. Namun, faktanya perubahan gaya hidup dapat membantu menurunkan lemak di perut. 

Perut buncit tidak hanya terjadi ada orang-orang dengan kondisi tubuh gemuk atau obesitas tetapi juga bisa terjadi pada orang-orang dengan tubuh kurus. Perbedaan keduanya hanyalah perut buncit pada orang yang bertubuh kurus tidak akan kelihatan jika mereka mengenakan pakaian yang cukup longgar. 

Perut buncit terjadi karena adanya tumpukan lemak di perut yang mengelilingi berbagai organ yang di perut sehingga sulit untuk dihilangkan. Lemak di perut memiliki resiko yang cukup besar pada kesehatan salah satunya terganggunya metabolisme pada tubuh. 

Metabolisme yang terganggu menyebabkan resistensi insulin sehingga mengakibatkan peningkatan gula darah dan risiko diabetes tipe 2.

Ketika wanita menua, terutama setelah menopause, mereka cenderung memiliki lebih banyak lemak visceral di perut, meskipun berat badan mereka tidak bertambah. Sedangkan pada pria, usia dan gen berperan dalam pembentukan lemak visceral. Minum alkohol berlebihan juga bisa menyebabkan lebih banyak lemak perut pada pria.

Untuk itu perubahan gaya hidup akan sangat mempengaruhi jumlah lemak pada perut. Perubahan gaya hidup berikut ini akan sangat membantu dalam menurunkan lemak perut seperti: 

1. Kurangi Makanan Manis

Kurangi gula dan produk manis seperti makanan penutup, permen, minuman soda, labu, kue kering, permen, kue, dan makanan manis lainya. 


2. Kurangi Makanan Olahan Instan

Jika rasa lapar menyerang, bawalah cemilan sehat seperti makan, buah-buahan, atau yoghurt.


3. Kurangi Karbohidrat Sederhana

Roti, biskuit, nasi putih, Maida, produk karbohidrat, dan kentang putih harus dihindari. Makanlah makanan yang mengandung biji-bijian utuh, berserat dan rendah gula.


4. Perbanyak Konsumsi Serat

Tambahkan lebih banyak buah dan sayuran, biji-bijian, salad ke dalam diet. Makanan ini akan membantu meningkatkan rasa kenyang dan membuat kamu kenyang lebih lama.


5. Mengkonsumsi Protein Tanpa Lemak

Gabungkan protein tanpa lemak yang sehat dalam makanan seperti tahu, ayam, susu rendah lemak, dan protein tanpa lemak lainya. 


6. Jangan Melewatkan Sarapan

Pastikan sarapan kamu mengandung protein dan serat yang cukup. Jangan melewatkan sarapan dan pastikan kamu tetap sarapan. 


7. Mengkonsumsi Omega-3 

Makan lebih banyak asam lemak omega-3 yang sehat. Kamu dapat menggunakan minyak mustard, masukkan kacang-kacangan, ikan, dan makanan mengandung lemak omega-3 ke dalam makanan kamu mulai dari sarapan hingga makan malam. 


8. Berolahraga 

Berolahraga minimal 30 menit seperti melakukan latihan kardio seperti jalan cepat, bersepeda, berenang, zumba, aerobik, dan olahraga lainya  per hari. Coba kombinasikan dengan latihan penguatan perut untuk mengencangkan otot. Kamu bisa mencoba yoga yang memiliki gerakan mengencangkan perut. 


9. Berjemur di Pagi Hari 

Berjemur di pagi hari dapat membantu tubuh memenuhi vitamin D sehingga mampu memperkuat tulang. Hal ini juga dapat membantu kamu dalam menurunkan lemak perut dan memperoleh hidup sehat. Ingatlah untuk berada di bawah sinar matahari di pagi hari.


10. Memperbaiki Siklus Tidur

Pola hidup terakhir yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki pola tidur dengan tidur secukupnya, menghindari mete, dan tidur secara teratur. Kamu bisa membuat alarm untuk waktu tidur kamu agar membantu kamu tidur lebih teratur. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro