Virus Epstein Barr atau virus Herpes/the-scientist
Health

Ini 9 Fakta Penyakit Herpes yang Bisa Menyerang Anak dan Orang Dewasa

Redaksi
Selasa, 21 November 2023 - 10:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit herpes yang muncul pada kulit, sering menimbulkan hal-hal yang menakutkan. Faktanya, herpes bisa terinfeksi pada siapa saja dan tanpa gejala.

Mayoritas orang-orang yang terkena herpes zoster tidak mengetahui, kapan dan bagaimana mereka terinfeksi. Namun perlu diingat, semua orang memiliki resiko terkena virus ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dilansir dari berbagai sumber, simak fakta-fakta herpes yang wajib Anda ketahui: 

1. Ada Dua Jenis Utama Infeksi Herpes

Sebagian besar infeksi herpes pada manusia disebabkan oleh dua jenis virus yakni virus herpes simpleks (HSV) 1 dan HSV 2. Dikenal juga sebagai herpes oral, infeksi HSV-1 biasanya menghasilkan lepuh yang disebut luka dingin di sekitar mulut. 

Herpes genital disebabkan oleh infeksi HSV-2 dan biasanya menyebabkan lepuh atau lesi di sekitar area genital.

2. Sebagian Besar Orang Terinfeksi Herpes

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan secara global, sekitar 67% populasi manusia terinfeksi HSV-1. WHO juga memperkirakan sekitar 13% orang di seluruh dunia terinfeksi HSV-2. Virus ini menyebar melalui kontak fisik yang dekat, yang berarti beberapa orang terinfeksi saat lahir.

3. Tidak Ada Obat Untuk Herpes

Sekali Anda terinfeksi virus ini, Anda berisiko menyebarkannya ke orang lain seumur hidup Anda. Mengingat prevalensi herpes dan belum adanya obat untuk menyembuhkannya, penting bagi siapa pun yang berisiko tertular untuk melakukan tes virus secara rutin.

4. Anda Mungkin Terinfeksi Herpes dan Tidak Mengetahuinya

Herpes bisa saja menginfeksi seseorang tanpa mereka sadari. Meskipun infeksi herpes biasanya menimbulkan luka di sekitar mulut atau area genital, beberapa infeksi tidak menunjukkan gejala atau hanya menimbulkan gejala ringan. 

Hal ini membuat mereka yang terinfeksi herpes untuk secara tidak sengaja menyebarkan penyakitnya kepada orang lain. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda menderita herpes adalah dengan melakukan tes .

5. Herpes Disebarkan Dari Orang ke Orang

Berlawanan dengan anggapan umum, herpes menyebar melalui kontak fisik dekat dengan orang yang terinfeksi, bukan melalui sentuhan benda yang pernah disentuhnya. Herpes tidak dapat ditularkan melalui dudukan toilet, tempat tidur atau benda lain yang mungkin bersentuhan dengan orang yang terinfeksi.

6. Satu Wabah Herpes (Biasanya) Menyebabkan Wabah Herpes Lainnya

Mereka yang terinfeksi HSV-1 kemungkinan akan mengalami wabah lagi dalam waktu satu tahun setelah wabah pertama. Penderita HSV-2 biasanya akan mengalami empat hingga lima wabah dalam tahun pertama.

7. Siapapun Bisa Terkena Herpes

Herpes bukan hanya penyakit bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit lainnya. 

Faktanya, kebanyakan penderita herpes tidak memiliki gejala tetapi masih dapat menularkan virus setiap kali virus tersebut aktif kembali. Hal ini disebut sebagai pelepasan tanpa gejala. Dengan demikian, seseorang dapat menularkan virus herpes tanpa menyadarinya.

8. Pentingnya Tes Herpes

Mengingat betapa mudahnya penyebaran herpes dan dampak seumur hidup bagi mereka yang terinfeksi, penting untuk melakukan tes penyakit ini secara teratur. 

Dengan tes herpes secara teratur, Anda tidak hanya akan melindungi diri Anda dari penyakit tersebut tetapi juga orang-orang yang Anda sayangi.

9. Berdampak Buruk Jika Dibiarkan

Sejumlah gejala yang dibiarkan begitu saja dapat memicu munculnya komplikasi berupa:

- Penyebaran infeksi ke bagian tubuh lain

- Radang otak dan selaputnya

- Radang paru-paru

- Hepatitis

- Esofagitis

- Kematian jaringan retina mata

- Ruam menyebar ke bagian mata

- Ruam yang diikuti oleh sesak napas dan sakit kepala

- Ruam yang diikuti dengan infeksi bakteri sekunder pada daerah infeksi (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro