Sakit tenggorokan/Istimewa
Health

Ini Bahaya Sembarang Minum Obat Radang Tenggorokan Methylprednisolone Menurut Guru Besar FKUI

Mutiara Nabila
Kamis, 23 November 2023 - 20:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan ini viral terkait sebuah obat yang dianjutkan untuk orang yang mengalami radang tenggorokan.

Satu obat ini, Metyhlprednisolone menjadi viral karena disebut sebagai obat "dewa" untuk meredakan radang. 

Benar adanya bahwa Methylprednisolone adalah obat yang digunakan untuk meredakan radang, seperti radang sendi, radang, usus, asma, psoriasis, lupus, hingga sklerosis.

Selain itu, obat ini merupakan obat jenis kortikosteroid yang juga digunakan untuk gejala pembengkakan, nyeri, dan reaksi alergi. Namun, faktanya obat ini justru jarang digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan.  

Namun, di samping manfaatnya yang besar, obat ini juga memberikan efek samping yang tidak sepele. 

Melalui unggahan di media sosial Instagram, Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. Ari Fahrial Syam mengatakan bahwa Methyprednisolone itu adalah salah satu obat yang harus menggunakan resep dokter.  

"Karena obat ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Pada beberapa keadaan memang obat ini adalah obat anti radang, anti inflamasi. Tapi sekali lagi penggunaannya tetap harus menggunakan resep dokter," ujarnya. 

Pasalnya, obat ini memiliki beragam efek samping yang ditimbulkan. Padad penggunaan jangka panjang bisa membuat tulang menjadi keropos, hingga bisa mengalami fraktur atau patah tulang. 

Di satu sisi obat ini anti radang juga menekan sistem imun. Jadi, orang yang mendapatkan obat ini dalam jangka panjang akan mengalami daya tahan tubuhnya turun sehingga mudah terjadi infeksi. 

Selain itu, obat ini juga memberikan dampak pada lambung. Methylprednisolone salah satu obat yang bisa menyebabkan luka pada lambung. 

Oleh karena itu, menurutnya jika mengonsumsi obat ini sembarangan ketika mengalami gejala radang tenggorokan akan sangat berbahaya. 

"Jadi saya rasa ini merupakan anjuran  yang tidak pada tempatnya dan masyarakat harusnya tidak mengikuti ini karena efek samping yang timbul," imbaunya.  

Melansir Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), berikut ini adalah beberapa merek methylprednisolone yang tersedia di Indonesia:

- Cormetison

- Fumethyl

- Gamesolone

- Glomeson

- Hexilon

- Intidrol

- Lameson

- Medrol

- Mesol 125

- Meproson

- Metrison

- Prednox

- Rhemafar

- Sanexon

- Simdrol

- Sonicor 4

- Tison

- Toras

- Tropidrol

- Xilon

- Yalone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro