tips mencegah sakit saat berubah cuaca
Health

Tips Mencegah Sakit dari Perubahan Cuaca yang Tiba-Tiba

Redaksi
Senin, 4 Desember 2023 - 16:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perubahan cuaca dari panas ekstrim ke hujan deras memaksa tubuh harus siap menghadapi perubahan.

Peneliti menemukan bahwa paparan cuaca ekstrim dapat berdampak buruk pada daya tahan tubuh manusia, sehingga membuat tubuh kita kesulitan untuk melawan infeksi virus.

Oleh karena itu, perubahan cuaca terutama ketika tiba-tiba, membuat banyak orang jatuh sakit. Biasanya sakit yang sering dirasakan karena perubahaan cuaca adalah tenggorokan gatal dan hidung tersumbat.

Dilansir dari Times Of India, Berikut adalah 5 cara untuk mencegah sakit selama transisi dalam cuaca.

1. Mencuci tangan

Mencuci tangan secara teratur sangatlah penting. sebab, tangan Anda dapat membawa kuman dengan jumlah yang besar dari berbagai permukaan yang Anda sentuh di siang hari. Hindari menyentuh mulut, mata, atau telinga Anda karena akan memudahkan kuman dan virus masuk ke tubuh Anda. Pastikan mencuci tangan sebelum Anda makan makanan. Gunakan pembersih tangan jika Anda tidak dapat mencuci tangan dengan sabun dan air.

2. Berkumur

Menurut sebuah penelitian, orang yang berkumur dengan menggunakan air cenderung tidak tertular penyakit pernapasan bagian atas, dibandingkan dengan mereka yang tidak berkumur. Anda bisa melakukan berkumur dengan air hangat dan sedikit garam.

Berkumur adalah cara sederhana untuk membersihkan bakteri yang mungkin tertinggal di mulut dan tenggorokan Anda. Disarankan untuk mendengus air di sekitar mulut Anda selama 60 detik dan kemudian memuntahkannya.

3. Tetap aktif

Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan olahraga ringan secara teratur sekitar 45 menit olahraga selama 3 hingga 5 hari per minggu dapat membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih mampu melawan penyakit pernapasan bagian atas.

4. Tidur yang cukup

Kebiasaan dan durasi tidur dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam per malam hingga 3 kali lebih rentan terkena pilek, dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih dari 7 jam. Jadi cobalah untuk membuat jadwal tidur selama 7-9 jam dan patuhi jadwal tersebut.

5. Tetap terhidrasi

Penting untuk tetap terhidrasi dengan baik untuk menjaga kesehatan yang baik selama cuaca dingin, seperti halnya selama cuaca panas. Tetap terhidrasi membantu menjaga selaput lendir saluran hidung Anda tetap lembab. Hal ini akan membantu untuk mematikan virus yang memasuki tubuh Anda. Orang cenderung minum lebih sedikit air selama musim dingin, itulah sebabnya Anda harus secara ingat untuk tetap minum air sepanjang hari.


6. Makan diet anti-inflamasi

Makanan padat nutrisi yang tinggi antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi dapat membantu meningkatkan kekebalan Anda dan melindungi Anda dari jatuh sakit ketika dalam perubahan cuaca. Makan makanan seperti sayuran berdaun gelap, beri, salmon, dan ubi jalar. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan pistachio juga dapat meningkatkan kekebalan Anda selama pergantian musim. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro