vitamin/helpguide.org
Health

Ini Lho Dampaknya pada Kulit Jika Tubuh Anda Kekurangan Vitamin A, B, C, dan D

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 5 Desember 2023 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kekurangan vitamin dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan, termasuk dampaknya terhadap kesehatan kulit Anda.

Kekurangan vitamin dapat bermanifestasi pada kulit sebagai kekeringan, kusam, iritasi, dan bahkan kondisi yang lebih parah.

Memahami bagaimana vitamin tertentu berkontribusi terhadap vitalitas dan fungsi pelindung kulit menyoroti pentingnya pola makan yang lengkap dan kaya nutrisi untuk menjaga kulit tetap cerah dan sehat. 

Salah satu kekurangan umum yang terkait dengan kulit kusam dan kering adalah kekurangan vitamin E.

Vitamin E merupakan antioksidan yang berperan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Ini membantu menjaga kesehatan kulit dengan mendukung fungsi sel dan integritas pelindung kulit.

Ketika tubuh kekurangan vitamin E, hal ini dapat menyebabkan kekeringan, kusam, dan bahkan iritasi atau peradangan kulit.

Kekurangan ini dapat mempengaruhi kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan dan melindungi diri dari tekanan lingkungan, sehingga menyebabkan kulit menjadi tidak berkilau dan meningkatkan kerentanan terhadap kerusakan.

Berikut dampak pada kulit jika Anda kekurangan vitamin A, B, C dan D

1. ​Vitamin D​

Vitamin D berperan penting dalam fungsi pelindung kulit, pertumbuhan sel kulit, dan menjaga sistem kekebalan kulit, yang berperan sebagai garis pertahanan pertama melawan patogen berbahaya. Penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis, yang keduanya dapat menyebabkan kulit kering.

2. ​Vitamin C​

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang melindungi kulit. Ini membantu melawan racun yang bersentuhan dengan kulit Anda – secara eksternal atau dari dalam tubuh. Hal ini juga penting untuk produksi kolagen, yang diperlukan untuk kesehatan kulit yang baik.

3. Vitamin B​

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan jerawat, ruam, kulit kering, bibir pecah-pecah, dan kerutan. Hal ini juga dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari dan produk perawatan kulit, sehingga berpotensi menyebabkan kemerahan dan iritasi. Vitamin B memiliki sifat anti-inflamasi, yang penting untuk membantu mencegah eksim, jerawat, atau bentuk iritasi kulit lainnya.

4. Vitamin A

Vitamin A sangat penting untuk pembentukan dan perbaikan sel-sel kulit, serta melawan peradangan. Tidak mendapatkan cukup vitamin A berpotensi berkontribusi pada perkembangan eksim dan masalah kulit lainnya. Beberapa studi klinis menunjukkan bahwa alitretinoin, obat resep dengan aktivitas vitamin A, efektif dalam mengobati eksim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro