Aktor Ryan ONeal menyaksikan Los Angeles Kings bermain melawan Vancouver Canucks selama Game 4 perempat final playoff NHL Western Conference Hockey di Los Angeles, California 18 April 2012. REUTERS/Danny Moloshok/File Photo
Entertainment

Aktor Hollywood Ryan O'Neal Meninggal Dunia

Nancy Junita
Sabtu, 9 Desember 2023 - 07:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aktor Ryan O'Neal, “kekasih” Hollywood tahun 1970-an, meninggal dunia pada usia 82 tahun, Jumat (8/12/2023).

Melansir Reuters, O’Neal membintangi sejumlah film seperti "Love Story", "What's Up, Doc?" dan "Paper Moon".

Kabar meninggalnya actor itu dikabarkan  putranya dalam sebuah postingan Instagram. Tidak disebutkan penyebab kematian.

 O'Neal, juga dikenal karena percintaan jangka panjangnya dengan mendiang aktris Farrah Fawcett.

Pada tahun 2012 bahwa dia telah didiagnosis menderita kanker prostat, meskipun dia kemudian mengatakan bahwa prognosisnya baik.

O'Neal, penduduk asli Los Angeles yang dilatih sebagai petinju amatir sebelum terjun ke dunia akting, membuat terobosan dunia hiburan pada tahun 1964 ketika dia mendapatkan peran dalam sinetron televisi prime-time "Peyton Place".

Dia mungkin paling dikenang karena perannya sebagai lawan main Ali MacGraw dalam drama romantis tahun 1970 "Love Story", sebuah sensasi box office yang diadaptasi dari novel populer Erich Segal dengan judul yang sama.

Dia kemudian membintangi "What's Up, Doc?" berpasangan dengan Barbra Streisand, sebuah film komedi tahun 1972 yang disutradarai oleh Peter Bogdanovich, yang juga menyutradarai O'Neal dalam film hits tahun 1973 "Paper Moon," yang dibintangi oleh putri aktor tersebut saat masih kecil, Tatum O’Neal.

Peran debutnya dalam drama era Depresi sebagai anak yatim piatu yang dewasa sebelum waktunya dan merokok membuat Tatum O'Neal mendapatkan Academy Award pada usia 10 tahun untuk aktris pendukung terbaik.

Dia mengklaim dalam memoar tahun 2004 bahwa dia menderita pelecehan orang tua selama bertahun-tahun dan kecemburuan dari ayahnya, dan bahwa ayahnya telah mengenalkannya pada narkoba, yang menyebabkan keterasingan selama hampir 25 tahun.

Ryan O'Neal membantah klaim putrinya, dan keduanya akhirnya berdamai, muncul dalam serial dokumenter biografi bersama pada tahun 2011 berjudul "Ryan and Tatum: The O'Neals."

"Ayah saya meninggal dengan damai hari ini, dengan tim yang penuh kasih di sisinya mendukungnya dan mencintainya seperti dia mencintai kita," tulis saudara tirinya, Patrick O'Neal, di Instagram pada hari Jumat sebagai penghormatan, menambahkan bahwa ayahnya " selalu menjadi pahlawanku."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro