Ilustrasi/helpguide.org
Health

10 Cara Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Ngorok

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 Desember 2023 - 18:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mendengkur atau ngorok dapat membahayakan kesehatan karena hubungannya dengan kondisi mendasar seperti apnea tidur obstruktif (OSA).

Mendengkur sering kali merupakan gejala OSA, yaitu gangguan tidur yang ditandai dengan jeda napas berulang kali saat tidur. OSA dapat menyebabkan tidur terfragmentasi, desaturasi oksigen, dan peningkatan stres pada sistem kardiovaskular.

Periode berulang dari berkurangnya asupan oksigen dan gangguan pola tidur yang berhubungan dengan mendengkur dan OSA telah dikaitkan dengan konsekuensi kesehatan yang serius, termasuk hipertensi, penyakit kardiovaskular, stroke, dan peningkatan risiko kecelakaan akibat kantuk di siang hari.

Berikut cara mengatasi kebiasaan ngorok

1. Atur berat badan

Berat badan berlebih, terutama di sekitar leher, bisa menyebabkan mendengkur. Lakukan olahraga teratur dan terapkan pola makan sehat untuk mengatur berat badan dan mengurangi kemungkinan mendengkur.

2. Atur Posisi tidur 

Tidur telentang dapat meningkatkan kemungkinan mendengkur. Usahakan tidur miring untuk mencegah runtuhnya saluran napas dan mengurangi dengkuran. Anda dapat menggunakan bantal badan atau alat pemosisian untuk membantu menjaga posisi tidur menyamping. Konsistensi jadwal tidur membantu mengatur jam internal tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan mendengkur. Usahakan waktu tidur dan bangun yang konsisten, bahkan di akhir pekan.

3. Tinggikan kepalamu

Meninggikan kepala tempat tidur atau menggunakan bantal tambahan dapat membantu membuka saluran udara, sehingga memudahkan pernapasan dan mengurangi kemungkinan mendengkur.

4. Minumlah banyak air​

Dehidrasi dapat menyebabkan lengketnya selaput lendir di tenggorokan dan hidung, sehingga menyebabkan mendengkur. Pastikan hidrasi yang cukup sepanjang hari untuk meminimalkan efek ini.

5. ​Hindari alkohol dan obat penenang sebelum tidur​

Alkohol dan obat penenang mengendurkan otot-otot di tenggorokan, meningkatkan kemungkinan mendengkur. Usahakan untuk menghindari konsumsi zat-zat tersebut, terutama pada jam-jam menjelang waktu tidur.

6. Jaga kebersihan tidur yang baik​

Tetapkan rutinitas tidur yang teratur, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Pola tidur yang konsisten dapat mengurangi kemungkinan mendengkur.

7. ​Mengobati hidung tersumbat​

Mengatasi hidung tersumbat, karena dapat menyebabkan mendengkur. Gunakan semprotan hidung saline, pelembab udara, atau dekongestan yang dijual bebas untuk mengurangi hidung tersumbat dan membuat pernapasan lebih mudah.

8. Berhenti merokok​

Merokok mengiritasi dan meradang tenggorokan dan saluran udara, sehingga meningkatkan kemungkinan mendengkur. Berhenti merokok dapat meningkatkan kesehatan pernapasan secara keseluruhan dan mengurangi dengkuran.

9. Pertimbangkan alergi​

Alergi dapat menyebabkan hidung tersumbat dan mendengkur. Identifikasi dan kelola alergen di lingkungan Anda, dan pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli alergi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

10. Praktekkan senam tenggorokan

Memperkuat otot tenggorokan melalui latihan khusus dapat membantu mengurangi dengkuran. Bernyanyi, memainkan alat musik tertentu, atau melakukan latihan tenggorokan yang ditargetkan bisa bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro