Sejumlah pengunjung memilih durian di Kota Medan/JIBI-Abdullah Azzam
Kuliner

Musim Durian Tiba, Mulai Rp15.000 di Kota Medan

Delfi Rismayeti
Selasa, 26 Desember 2023 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN – Durian menjadi wisata kuliner di Kota Medan yang banyak diburu orang-orang saat sedang traveling di Sumatra Utara.

Badan Pusat Statistik mencatatkan bahwa 2021, total produksi durian di Sumut mencapai 119,4 ribu ton. Ini yang membuat harga durian di Medan, murah meriah dan menjadikan durian sebagai salah satu wisata kuliner.

Harga durian di Kota Medan mulai dari Rp15.000 dan bisa ditawar, bila dibeli dalam jumlah banyak. Jika Anda ingin pesta durian, maka jangan lupa datang ke Kota Medan saat musim durian. 

Kapan Musim Durian di Kota Medan?

Musim durian di Kota Medan, Sumut ada dalam 2 kali, yakni antara Juni-Agustus, juga pada Desember alias bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru.

Saat musim durian, maka Anda bisa melihat lapak-lapak penjual durian musiman yang dibuka pada siang hingga malam hari. Ada  beberapa lokasi menjadi lapak-lapak penjual durian. Ada yang membuka tenda dan  meja, ada pula yang berjualan langsung dari mobil pick up.

Durian yang dijual di pinggir jalan ini, memiliki kelebihan harga yang murah dibandingkan dengan toko-toko premium. Uniknya, beberapa lapak durian jalanan ini juga menyediakan ketan sebagai teman makan durian, persis seperti yang ditawarkan toko durian premium. 

Menurut pedagang durian, rata-rata durian yang dijual di Medan berasal dari Mandailing Natal, Humbang Hasundutan, Tapanuli, Pakpak, juga Dairi.

Simak lokasi wisata kuliner durian musiman yang murah dan enak:

1. Kampus Pascasarjana UMSU

Pedagang durian musiman yang berada di sekitar Jalan Denai, Kec. Medan Denai, tidak jauh dari Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU). 

2. Dekat Pusat Penelitian Kelapa Sawit

Bagi Anda yang tinggal di  sekitar Jalan Brigjen Katamso, maka bisa berburu durian murah yang letaknya tidak jauh dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit. Harganya mulai dari Rp15.000

3. Daerah Medan Kota

Ada juga pedagang durian musiman di simpang Jl. Sakti Lubis, Kec. Medan Kota, seberang Kantor Polisi. Anda dapat melihat durian kuning yang disusun di rak kayu. Ada juga yang hanya disusun di atas trotoar. 

4. Lapangan Zipur

Jangan lupa juga untuk mencoba durian yang berada di Jalan Kapten Muslim, Kec. Medan Helvetia, tidak jauh dari Lapangan Zipur Kodam 1/Bukit Barisan. Harganya juga sangat terjangkau.

5. Pasar Halat

Pecinta durian bisa memburu durian manis dan pahit atau sesuai selera, di sekitar Pajak (pasar) Halat, Kec. Medan Area. 

6. Deli Tua

Di jalan Deli Tua, persis saat masuk ke jalan tersebut.  (K68) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro