Manfaat buah rambutan
Health

5 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi
Rabu, 27 Desember 2023 - 13:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rambutan adalah buah berbulu, berwarna merah, dan daging buah rambutan berwarna putih memiliki rasa yang enak dan segar.

Selain itu, penampilan unik dan rasanya yang manis, rambutan juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Rambutan mengandung vitamin C, serat, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kesehatan yang diberikan dari mengonsumsi rambutan.

1. Risiko kanker yang lebih rendah

Rambutan kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Mengonsumsi antioksidan membantu melawan radikal bebas, yang merupakan produk limbah dalam tubuh Anda yang dapat merusak sel-sel Anda. Antioksidan telah terbukti mengurangi kerusakan sel dan berpotensi mengurangi risiko kanker pada banyak individu.

2. Kekebalan tubuh

Vitamin C dalam rambutan berkaitan dengan fungsi kekebalan dan kesehatan. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup secara teratur dapat membantu mendukung kesehatan kekebalan jangka panjang. 

Selain itu, ekstrak tertentu dari buah rambutan dapat membantu melawan infeksi. Ekstrak dapat mencegah virus dari replikasi, membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan kuman dengan lebih mudah.

3. Kesehatan pencernaan

Rambutan dapat membantu sistem pencernaan Anda menjadi lebih kuat. Serat makanan dalam rambutan dapat membantu mengurangi sembelit dengan menambahkan curah ke tinja dan mencegah impaksion. Serat yang tidak larut juga memberi makan bakteri "baik" dalam sistem pencernaan Anda, membantu usus Anda menangani makanan yang lebih kompleks dengan mudah.

4. Menurunkan berat badan

Rambutan memiliki kandungan serat yang tinggi, dan rendah kalori. Ditambah dengan kadar air yang tinggi, rambutan dapat membantu mengurangi kelaparan konstan.

5. Meningkatkan energi

Rambutan mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi yang memainkan peran penting dalam meningkatkan energi bagi tubuh.

Selain itu, adanya varietas vitamin B dalam buah rambutan dapat membantu dan meningkatkan metabolisme energi, sehingga mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh manusia. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro