Liburan di pantai baik bagi kesehatan tubuh dan mental/Pantai Lucky Bay, Australia/Worldbeachguide
Health

Liburan di Pantai Bermanfaat Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Redaksi
Rabu, 27 Desember 2023 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Liburan di sekitar perairan biru seperti laut, kolam, sungai, pantai atau danau dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan mental dan fisik.

Tubuh, jiwa, dan pikiran membutuhkan waktu untuk keluar darai aktivitas sehari-hari yang padat. Refeshing ini sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak.

Simak manfaat liburan di kolam renang, sungai, danau, dan laut bagi kesehatan tubuh dan mental:

  1. Peningkatan relaksasi
  2. Interaksi sosial yang lebih baik
  3. Peningkatan kesehatan otak
  4. Peningkatan aktivitas fisik

Berada di alam membuat diri merasa bahagia dan mengasosiasikan alam dengan perasaan positif seperti ketenangan, kedamaian, relaksasi, dan kemudahan.

Selain itu, pantai menyediakan ruang bagi anak-anak dan orang dewasa untuk aktif secara fisik saat berada di alam tetapi terutama memberikan kesempatan untuk menghilangkan stres dan bersenang-senang. 

Banyaknya manfaat berada di dekat air, para ahli kesehatan mulai merekomendasikan untuk berada di dekat atau bahkan masuk ke dalam perairan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. 

Selain itu, sinar matahari juga memiliki dampak positif terhadap kesehatan mental, membantu meningkatkan kadar serotonin yang terlibat dalam fungsi suasana hati. Vitamin D dari sinar matahari turut membantu menjaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh yang kuat. 

Meskipun, terlalu banyak sinar matahari berdampak buruk pada tubuh dan kulit, selalu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit. 

Udara segar di sekitar pantai juga bermanfaat bagi pikiran dan tubuh. Para peneliti menemukan bahwa melakukan aktivitas di luar ruangan memiliki dampak yang lebih signifikan terhadap kesehatan mental dibandingkan melakukan aktivitas di dalam ruangan.

Oleh karena itu, pantai dinilai sebagai tempat yang bagus untuk melatih kesadaran dan ketenangan dengan mendengarkan deburan ombak laut, atau gelak tawa orang lain, merasakan hembusan angin atau pasir, serta air dan sinar matahari di kulit. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro