Ilustrasi kentang salah satu sayuran yang bisa bikin gemuk
Health

Ini Dia 10 Sayur dan Buah yang Diam-diam Bikin Berat Badan Naik!

Mutiara Nabila
Kamis, 28 Desember 2023 - 08:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kita sering diminta makan buah dan sayur segar untuk mengatur berat badan dan menjalani gaya hidup sehat. 

Namun, ternyata ada buah dan sayur padat kalori yang diam-diam membuat berat badan Anda bertambah. Padahal makanan ini kerap kali ditunjuk jadi pengganti nasi yang sering dianggap sebagai "pejahat" ketika sedang diet.  

Pada hakikatnya, makan makanan berikut ini dalam jumlah sedang sedang atau dalam bentuk alaminya tanpa diolah berlebihan bisa menjadi makanan pilihan ketika diet. 

Namun, kerap kali makanan-makanan berikut ini harus diolah agar rasanya menjadi lebih enak. Hal itu yang umumnya membuat makanan dalam daftar ini justru jadi penyebab kenaikan berat badan. 

Berikut ini adalah 10 sayur dan buah yang diam-diam bisa membuat berat badan bertambah alih-alih turun saat diet:

1. Kentang 

Kentang sering disebut bisa menggantikan karbohidrat dari nasi. Namun, ketika diolah dengan cara digoreng atau diisi dengan mentega dan krim, makanan tersebut menjadi padat kalori dan menyebabkan penambahan berat badan. Disarankan untuk memilih kentang panggang atau rebus dan perhatikan ukuran porsinya.

2. Jagung 

Jagung juga mengandung pati, dan bila dikonsumsi dalam jumlah besar atau dalam bentuk olahan, justru dapat menyebabkan penambahan berat badan.

3. Kacang Polong 

Kacang polong hijau ini kaya akan karbohidrat, dan mengonsumsinya dalam jumlah banyak apalagi diolah dengan mentega atau krim juga dapat meningkatkan asupan kalori Anda.

4. Alpukat 

Buah ini kaya akan lemak sehat tapi juga padat akan kalori. Jika tidak dikonsumsi dalam jumlah tepat, atau diolah dengan gula yang jadi favorit orang Indonesia seperti jadi jus atau es alpukat kocok, justru dapat menyebabkan penambahan berat badan.

5. Ubi Manis/Ubi Jalar 

Ubi jalar juga mengandung pati dan padat kalori. Jika diolah dengan tambahan gula atau lemak, ubi yang harusnya bisa menggantikan nasi untuk diet malah dapat menyebabkan penambahan berat badan.

6. Buah Zaitun

Buah ini memang jarang ditemukan di masakan Indonesia. Namun, kerap ditemukan di beberapa makanan barat atau timur tengah. Buah ini kaya akan lemak sehat tetapi juga padat kalori. Ketika dikonsumsi bersama krim, sebagai topping makanan bermentega, atau keju akan makin bisa menyebabkan penambahan berat badan.

7. Winter Squash  

Labu winter mengandung lebih banyak karbohidrat dibandingkan sayuran lainnya dan bila dikonsumsi dalam jumlah banyak atau dengan tambahan gula dan lemak, justru dapat menyebabkan penambahan berat badan.

8. Labu 

Meskipun labu adalah sayuran bergizi, labu juga merupakan makanan padat kalori, yang jika dikonsumsi dalam bentuk makanan penutup dengan pemanis, dapat menyebabkan penambahan berat badan. Labu sendiri sering dijadikan makanan penambah berat badan untuk pendamping ASI bagi bayi dan anak-anak. 

9. Singkong 

Sayuran akar ini mengandung pati atau tepung dan padat akan kalori. Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan penambahan berat badan.

10. Wortel

Jika Anda berpikir mengunyah wortel sebagai camilan saat sedang diet bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat, coba pikirkan lagi. Karena kandungan gula dalam wortel yang tinggi, wortel termasuk sayuran yang cenderung membuat berat badan bertambah jika makan dalam jumlah berlebihan. Jadi selalu makan sayuran berwarna oranye ini dalam jumlah sedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro