Ini Ciri-ciri Orang Introvert yang Diperingati Setiap 2 Januari
Health

Ini Ciri-ciri Orang Introvert yang Diperingati Setiap 2 Januari

Mutiara Nabila
Selasa, 2 Januari 2024 - 16:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Introvert Sedunia diperingati setiap 2 Januari, sebuah perayaan bagi mereka yang menemukan energi mereka di sudut-sudut yang lebih tenang dan percakapan yang bermakna.  

Hari Introvert Sedunia lahir pada 2011 dari pemikiran psikolog Jerman Felicitas Heyne. Melihat kelelahan sosial yang sering terjadi setelah musim liburan, dia merasa para introvert berhak mendapatkan hari untuk memulihkan tenaga dan fokus kembali.  

Oleh karena itu, setiap 2 Januari, yang terletak di antara hiruk pikuk perayaan dan tahun baru, menjadi tanggal yang tepat bagi para introvert untuk mendapatkan kembali energi mereka dan merayakan sifat introvert mereka.

Hari Introvert Sedunia dihadirkan sebagai momen pengakuan dan perayaan yang sangat dibutuhkan atas kekuatan para kaum introvert. 

Orang introvert seringkali disalahpahami. Karakter ini sering disalahartikan sebagai orang yang pemalu atau canggung dalam pergaulan, introvert sering kali dicap sebagai orang yang menyendiri atau tidak senang terlibat.  

Hari Introvert Sedunia bertujuan menghilangkan kesalahpahaman ini dan menyoroti kekuatan yang dibawa oleh para introvert. 

Introvert dikenal karena pemikirannya yang mendalam, pendengar yang baik dan penuh perhatian, dan kemampuan kreatifnya. Mereka berkembang dalam kesendirian, menemukan keindahan dan inspirasi dalam refleksi yang tenang.  

Hari ini menjadi pengingat bahwa memiliki karakter introvert bukanlah kelemahan, melainkan tipe kepribadian kuat yang patut dipahami dan diapresiasi.

Namun bagaimana kita mengetahui seseorang memiliki salah satu kekuatan dalam diam yang membentuk dunia?

Berikut adalah beberapa tanda seorang adalah introvert:

1. Mengisi ulang energi sendirian

Setelah pertemuan sosial, acara besar, atau bahkan interaksi dalam waktu lama, introvert kerap kali mencari kesendirian untuk mengisi kembali energi mereka.  

Menghabiskan waktu sendirian bukan berarti menjadi anti-sosial. Melainkan tentang mengisi bahan bakar untuk koneksi lebih lanjut. 

2. Perbincangan mendalam 

Introvert sering kali lebih menyukai percakapan empat mata yang bermakna atau interaksi kelompok kecil daripada pesta besar atau kerumunan yang berisik. 

Mereka menghargai hubungan yang lebih dalam dan menikmati interaksi yang mengeksplorasi minat atau ide bersama. 

3. Dunia batin yang aktif

Introvert memiliki kehidupan batin yang kaya, sering kali penuh dengan kreativitas, imajinasi, dan pemikiran yang mendalam. Mereka mungkin adalah pembaca setia, penulis yang bersemangat, atau seniman yang senang menjelajahi lanskap batin mereka.

4.Pendengar yang baik

Introvert sering kali merupakan pendengar yang baik, memberikan perhatian penuh pada orang lain dan menyerap informasi sebelum berbicara.  

Mereka meluangkan waktu untuk memproses pengalaman dan merumuskan pemikiran mereka, sehingga menghasilkan kontribusi yang berwawasan luas di lingkungan yang tepat. 

5. Pemikir independen 

Introvert cenderung menghargai introspeksi dan refleksi, sehingga menjadikan mereka pemikir mandiri. Mereka sering menganalisis situasi dengan hati-hati sebelum membentuk opini dan mungkin lebih memilih aktivitas menyendiri yang memungkinkan eksplorasi internal. 

6. Semangat dengan minatnya

Meskipun mereka mungkin mengisi ulang tenaga sendirian, introvert bisa sangat bersemangat dengan minat mereka.  Mereka mungkin unggul dalam bidang yang memerlukan fokus, perhatian terhadap detail, atau ekspresi kreatif, mencurahkan energi mereka ke dalam upaya yang bermakna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro