Sayuran hijau/mogreenjuice.com
Health

Makan Superfood Ini, Bisa Cegah Rambut Uban di Usia Muda

Mutiara Nabila
Jumat, 19 Januari 2024 - 17:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Rambut beruban di usia muda adalah masalah yang banyak dihadapi oleh orang dewasa. Rambut beruban menjadi indikasi dari berbagai faktor.  

Beberapa penyebab umum tumbuhnya uban dini adalah genetika, stres, merokok, kekurangan vitamin B12, paparan sinar UV dalam waktu lama, dan lain-lain.

Untuk mencegah pertumbuhan uban di usia muda, ada beberapa makanan super yang bisa dikonsumsi. Makanan super adalah makanan yang dikenal karena banyak manfaatnya bagi tubuh manusia. 

Makanan super kaya akan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi secara maksimal. Makanan super tertentu dapat membantu mengurangi uban dini.

Berikut ini 8 makanan super yang memperlambat uban dini:

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau termasuk dalam kelompok sayuran silangan. Kelompok ini antara lain bayam, kembang kol, brokoli, kubis, kangkung, dan lain sebagainya. Sayuran ini sangat kaya akan zat besi, folat, vitamin, kalsium, dan nutrisi lain yang meningkatkan kesehatan rambut.

2. Cokelat hitam atau dark chocolate

Cokelat hitam merupakan makanan super yang mengejutkan namun sangat kaya akan berbagai nutrisi, terutama antioksidan. Antioksidan membantu membersihkan racun dari tubuh yang mungkin menyebabkan rambut beruban dini. Makanan ini juga kaya akan tembaga yang membantu produksi melanin.

makanan yang bisa mencegah uban
makanan yang bisa mencegah uban

3. Produk susu

Produk susu seperti susu, keju, yogurt, dan lainnya kaya akan vitamin B12, kalsium, protein, dan berbagai nutrisi lain yang membantu produksi melanin. Yogurt khususnya mengandung probiotik dan kaya akan antioksidan.

4. Telur

Telur kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan rambut kita. Telur juga kaya akan vitamin B12, kekurangan vitamin B12 dikaitkan dengan penuaan dini. Telur juga dianjurkan untuk dikonsumsi utuh tidak hanya bagian putihnya saja.

5. Kedelai

Kedelai sangat serbaguna dan populer sebagai pengganti protein bagi pelaku diet nabati. Namun, kedelai juga kaya akan berbagai nutrisi lainnya. Kedelai yang difermentasi juga dapat memberi tubuh antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal penyebab uban dini.

kacang kedelai baik untuk mencegah uban
kacang kedelai baik untuk mencegah uban

6. Buah beri

Buah beri seperti raspberry dan blueberry mengandung antioksidan tinggi, yang bisa menangkal stres penyebab tumbuhnya uban dini. 

 7. Jamur

Jamur juga kaya akan tembaga yang bisa membantu produksi melanin. Melanin adalah komponen pigmen yang bertanggung jawab memberi warna pada rambut dan juga kulit kita. Kurangnya melanin juga dapat mempercepat uban.

8. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi sangat bagus untuk orang yang mengalami uban dini. Makanan fermentasi seperti kombucha, kimchi, acar, dan makanan probiotik lainnya memastikan pencernaan lebih baik. Pencernaan yang lebih baik meningkatkan kadar biotin dalam tubuh. Komponen biotin secara langsung mempengaruhi kesehatan rambut, kulit, dan kuku kita.

Kesimpulannya, kekurangan nutrisi tertentu bisa menjadi indikasi rambut beruban. Mengonsumsi makanan super ini dapat memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.  

Selain makanan super ini, jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat dengan pola makan seimbang dan olah raga teratur. 

Uban dini juga bisa disebabkan karena merokok, paparan sinar UV, atau faktor eksternal lainnya. Oleh karena itu disarankan untuk mengubah faktor gaya hidup ini juga untuk memastikan kesehatan rambut yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro