Simak cara agar diri lebih bahagia dan tidak mudah tersinggung/Freepik.com
Health

Apakah Anda Sering Tersinggung? Ini 7 Tips Mengatasinya

Novita Sari Simamora
Senin, 5 Februari 2024 - 09:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang mudah tersinggung, biasanya memiliki pola pikir yang berkembang, karena menganggap segala sesuatu terlalu pribadi.

Cara Anda memandang lawan bicara, biasa sangat bergantung dengan koneksi dan respon pribadimu. Namun, jangan biarkan pikiran negatif menguasai pikiranmu dan menjadikanmu berpikiran buruk tentang lawan bicaramu.

Dikutip dari Instagram psikolog Ketam Hamdan dari Brain Healthdoc, Senin (5/2/2024), setiap orang harus berhati-hati untuk tidak membiarkan segala hal masuk ke dalam pikiran, karena hal itu dapat berdampak sangat negatif bagi diri sendiri.

“Ada orang-orang yang akrab dengan kita dan mereka mungkin lebih sulit untuk terhubung dan berkomunikasi. Ini tergantung dengan caranya merespon dan bertindak secara pribadi," ungkap Ketam.

Simak tips kehidupan, agar Anda tidak mudah tersinggung: 

1. Jeda dan Renungkan

Sebelum bereaksi maka kelola perasaan emosional, cobalah luangkan waktu sejenak untuk merenungkan situasi secara objektif dan tanyakan apakah mereka bermaksud menyakiti saya?


2. Asumsikan Niat Positif

Pikirkanlah hal yang positif. Keraguan akan memunculkan asumsi bahwa lawan bicara Anda berbicara yang negatif, padahal itu hanya ada di dalam pikiranmu saja. Asumsi yang negatif hanya akan menyakiti dirimu sendiri. 


3. Kenali Pemicu

Cobalah identifikasi pola atau situasi yang cenderung memicu reaksi pribadi, dan Anda bertanggung jawab dengan  perasaanmu. Kamu kelola perasaanmu dengan baik.


4. Latih Empati

Pertimbangkan sudut pandang dan motivasi orang lain. Cobalah pahami bahwa segala tindakan dan pembicaraan di sekitar itu, tidak melulu tentang Anda. 


5. Pertahankan Batasan

Definisikan dan komunikasikan dengan jelas batasan pribadi Anda, cegah pengaruh yang tidak semestinya pada emosi Anda.


6. Tantangan Asumsi

Pertanyakan pemikiran dan asumsi negatif, carilah bukti sebelum menerimanya sebagai kebenaran.


7. Kembangkan Pola Pikir Pertumbuhan

Anda juga bisa mencari informasi melalui media sosial dan Google untuk melihat cara dan tips agar tidak mudah tersinggung. Carilah contoh-contoh dan inspirasi agar Anda bisa berpikiran positif dan hidup bahagia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro