Sunscreen/skincancerfoundation
Health

Penyebab Flek Hitam dan Cara Mengatasinya di Wajah

Redaksi
Jumat, 23 Februari 2024 - 09:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Flek hitam sering muncul di wajah, saat lalai mengoleskan sunscreen ketika terpapar matahari. Namun, ada juga flek hitam yang muncul karena faktor lain.

Dokter kulit Sjahrir mengungkapkan bahwa flek hitam atau melasma bisa terjadi karena adanya faktor genetik, hiperpigmentasi, bekas berjerawat, dan paparan sinar matahari. Flek hitam juga bisa dihilangkan.

“Permasalahan yang sering terjadi pada usia 30-40 tahun adalah flek hitam di wajah,” ucapnya saat acara Kamis Santuy di Bisnis Indonesia pada Kamis (22/2/2024) sore.

Ini faktor penyebab flek hitam di wajah:

1. Hiperpigmentasi

Dilansir dari Hermina Hospital, Jumat (23/2/2024) flek hitam ini disebabkan adanya peningkatan melanin pada pigmentasi kulit yang berlebihan, sehingga menimbulkan noda hitam yang berlebih pada wajah

2. Paparan sinar matahar

Akibat dari paparan sinar matahari akan mendorong pertumbuhan melanin kulit yang menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah. Sebaiknya, pakai sunscreen dan jangan terlalu lama di bawah terik matahari.

3. Faktor genetika

Faktor genetika menjadi salah satu pemicu utama mulculnya flek hitam. Paparan sinar matahari yang terlalu banyak dan faktor genetik lainnya membuat orang di usia 30-40 mengalami penurunan fisik. Sehingga tanda-tanda penuaan seperti flek hitam akan lebih mudah terlihat di area wajah.

4. Bekas Jerawat

Efek dari bekas jerawat ini mampu menimbulkan flek hitam di wajah. Hal ini dikarenakan peradangan pada wajah yang terjadi dalam rentan waktu yang lama. Dan hasil yang tertinggal adalah flek hitam yang biasanya dapat dihilangkan dalam waktu yang cukup lama.

Biasanya flek hitam ini memiliki ciri berwarna kecoklatan atau hitam, berbentuk bintik-bintik kecil seperti freckless, dan berada pada area wajah terutama bagian tulang pipi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro