Almira Putri AHY Rancang Batik Modern untuk Kawula Muda. JIBI/Akbar Evandio
Fashion

Almira Putri AHY Rancang Batik Modern untuk Kawula Muda

Redaksi
Senin, 26 Februari 2024 - 17:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Almira Tunggadewi tengah menjadi sorotan publik lantaran dirinya tampak anggun saat hadir di pelantikan ayahnya, AHY sebagai menteri ATR/BPN.

Tak hanya itu, dia juga memiliki prestasi sebagai perancang batik modern yang ditujukan untuk kawula muda.

Melalui unggahan video dari akun Instagram ibunya, @annisayudhoyono pada 24 Februari 2024, Aira sapaan akrabnya tengah memperkenalkan karya batik dengan motif dasar mega mendung.

Langkah inovatif ini menjadi cara Aira untuk memperkenalkan warisan budaya Indonesia ke generasi muda.

“Almira’s Personal Project Exhibition. Melestarikan budaya dengan menggunakan batik tulis mega mendung yang penuh filosofi hingga bisa dipakai oleh Gen Z. (Memodernisasi batik tanpa meninggalkan akar budaya,” tulis caption Annisa Pohan, dikutip dikutip (26/02/2024).

Dalam video itu, Aira menjelaskan tahapan-tahapan saat mendesain batik melalui gawai maupun komputer dan mengungkapkan tujuan memperkenalkan batik ke generasi muda.

“Ini adalah proyek pertama saya dan pada dasarnya tujuan saya adalah membuat pakaian yang menggunakan batik untuk lebih mendorong pelestarian warisan indonesia bagi generasi muda,” kata Aira dalam video tersebut.

“Desainnya lebih modern sehingga lebih menarik bagi target audiens atau pasar,” sambungnya.

Tak hanya itu, dia turut memamerkan desain batik yang telah diaplikasikan ke pakaian. Seperti peribahasa “Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya” kecintaannya Aira kepada batik tidak jauh berbeda dengan ibunya yang juga merupakan founder usaha penjualan kain dan pakaian batik.

Selain itu, unggahan lainnya memperlihatkan kekompakan Anisa dan Aira mengenakan batik di acara-acara resmi. Terbaru, mereka kompak mengenakan kebaya berwarna biru ketika pelantikan AHY.

Prestasi lainnya yang dimiliki Aira adalah saat dirinya menjadi delegasi Model United Nation (MUN) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Diketahui, MUN merupakan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diikuti oleh para pelajar di beberapa sekolah dan universitas di Indonesia.

Selain itu, cucu dari mantan presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono ini sedang menempuh pendidikan di Sinarmas World Academy, salah satu sekolah internasional di Indonesia yang berbasis sistem pendidikan kurikulum Cambridge. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro