10 Makanan yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Penglihatan hingga Cegah Katarak/
Health

10 Makanan yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Penglihatan hingga Cegah Katarak

Mutiara Nabila
Selasa, 27 Februari 2024 - 18:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan mata sangat penting. Ada sejumlah makanan yang tak hanya bisa menjaga tapi juga meningkatkan ketajaman penglihatan mata. 

Makan sehat tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga menjadi dasar yang ampuh untuk menjaga penglihatan tetap tajam dan berkilau. 

Selain itu, bukan cuma wortel yang bisa menjaga kesehatan mata, mulai dari ikan sampai buah-buahan juga penting untuk membantu penglihatan tetap tajam hingga katarak.

Mata Anda memerlukan nutrisi khusus agar dapat berfungsi dengan baik, jadi dengan memasukkan 10 jenis makanan ini ke dalam pola makan bisa membantu menjaga kesehatan dan ketajaman penglihatan mata. 

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak adalah salah satu makanan paling luar biasa untuk mata. Ikan seperti salmon, tuna, dan ikan kembung, kaya akan asam lemak omega-3, yang penting untuk menjaga kesehatan retina. Mereka juga berperan dalam produksi air mata, yang dapat membantu mencegah mata kering dan perih. 

Jika Anda bukan penggemar makanan laut, asam lemak omega-3 juga tersedia dalam bentuk suplemen.  

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung merupakan bagian penting dari pola makan sehat, dan berkaitan dengan kesehatan mata Anda, sayuran tersebut juga berkontribusi di dalamnya.  

Sayuran hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin, yang bagus untuk melindungi mata Anda. Sayuran hijau apa pun tidak akan salah. 

3. Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk adalah tambahan yang bagus dalam asupan sehari-haroo. Sedikit jus lemon dalam semangkuk makanan, sepotong jeruk atau jeruk nipis ditambahkan ke segelas air juga bisa dicoba. Perubahan kecil ini dapat membuat perbedaan besar.

Buah sitrus adalah sumber utama vitamin C, yang bekerja keras untuk melindungi mata Anda dari:

- Katarak

- Degenerasi makula terkait usia

- Mata kering

Vitamin C juga memiliki beberapa sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi pada mata. 

4. Telur

Telur ternyata juga punya kontribusi yang luar biasa, yang lebih dari sekedar makanan untuk sarapan. Telur kaya akan zeaxanthin, lutein, vitamin D, dan banyak lagi. Ini semua sangat baik untuk melawan kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia.  

Selain itu, Anda dapat membuat telur dengan cara apa pun, dan telur akan selalu berkontribusi terhadap kesehatan mata Anda.

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Meski terlihat sederhana, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan pilihan camilan yang sangat baik. Almond, walnut, dan flax seed merupakan sumber omega-3 dan vitamin E yang sangat baik, yang tidak hanyabaik untuk kesehatan kulit tapi juga berperan penting dalam melindungi mata dari bahaya.

Hanya dengan makan segenggam penuh sebagai camilan, menaburkannya di atas salad, atau memasukkannya ke dalam semangkuk yogurt, kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menjadi tambahan makanan yang lezat dan bergizi.

6. Daging Sapi

Mengonsumsi daging sapi tanpa lemak dalam jumlah sedang bisa sangat membantu kesehatan mata Anda.  Daging merah kaya akan zinc, mineral yang membantu tubuh Anda menyerap vitamin dan mineral lainnya.

Daging sapi juga penting untuk mencegah katarak dan menjaga kesehatan kornea Anda. Namun pastikan Anda mengonsumsi daging merah dalam jumlah sedang. Pasalnya, meskipun baik untuk mata Anda, konsumsi daging merah yang berlebihan dapat menimbulkan konsekuensi lain dalam jangka panjang.

7.  Buah beri

Stroberi, blueberry, raspberry, penuh dengan vitamin C dan antioksidan lainnya. Mereka memainkan peran penting dalam mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia dan membantu menjaga pembuluh darah di mata.

8. Wortel

Pada Perang Dunia II, Inggris menyebarkan rumor bahwa pilot mereka memiliki penglihatan yang sangat baik karena mereka makan banyak wortel. Meskipun hal ini tentu saja berlebihan, namun ternyata hal tersebut memang benar adanya.

Wortel kaya akan beta-karoten, dan jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup, tubuh Anda akan mengubahnya menjadi vitamin A. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya rabun senja, sehingga lebih mudah untuk melihat dalam kondisi cahaya redup. Jadi makan wortel untuk penglihatan ternyata bukan cuma mitos!

9. Ubi

Ubi lebih dari sekedar makanan pengganti nasi, mereka adalah merupakan sumber nutrisi untuk kesehatan mata.  Mereka kaya akan vitamin A dan beta-karoten, sehingga memudahkan mata Anda menyesuaikan diri di antara kondisi pencahayaan yang berbeda.

Baik dipanggang, digoreng, atau memasukkannya ke dalam sup yang enak, semuanya dapat membuat perbedaan besar dalam menjaga kesehatan mata Anda. 

10. Cokelat Hitam

Meskipun ada banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang dapat menyehatkan mata Anda, terkadang kita semua membutuhkan makanan lezat untuk memanjakan diri. Di situlah peran cokelat hitam.

Dalam jumlah sedang, cokelat hitam bisa menjadi pilihan yang baik. Coklat yang murni dan tanpa tambahan banyak gula penuh dengan antioksidan dan flavonoid. Kandungan tersebut bisa memerangi radikal bebas dalam tubuh, yang sangat baik untuk mencegah pembentukan katarak. Namun ingat, agar tidak makan secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan umumnya tidak baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro