Tips Olahraga saat Berpuasa, Tetap Segar Tanpa Loyo. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Tips Olahraga saat Berpuasa, Tetap Segar Tanpa Loyo

Redaksi
Rabu, 13 Maret 2024 - 10:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Puasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Semua tetap bisa berjalan seperti biasanya asalkan Anda mengetahui beberapa hal agar kondisi tubuh tetap bugar selama waktu puasa.

Dengan berolahraga saat berpuasa, memungkinkan kesehatan seseorang tetap terjaga dan mendukung produktivitas selama seharian.

Kegiatan ini memang akan jauh lebih berat untuk dijalankan mengingat seseorang dilarang makan dan minum saat jam puasa.

Melansir Everyday Health, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berolahraga saat waktu puasa, yaitu:

1. Perhatikan Intensitas Olahraga

Pastikan berolahraga dengan intensitas yang rendah untuk terhindar dari kondisi tubuh lemas dan menyimpan cadangan nutrisi secara baik. Usahakan olahraga tidak lebih dari 30 menit agar kondisi tubuh tetap fit sampai waktu berbuka puasa.

Ada baiknya olahraga dilakukan setelah jam sahur karena cadangan makanan masih tersimpan banyak.

2. Pastikan Tetap Terhidrasi

Anda harus memastikan tubuh terhindar dari dehidrasi dengan cara menjaga asupan air minum. Merujuk Kementerian Kesehatan, setidaknya tubuh membutuhkan 2,5 liter per harinya agar cairan dalam tubuh bisa terjaga.

3. Perhatikan Jenis Olahraga

Anda disarankan tidak melakukan kegiatan olahraga yang banyak memakan cadangan nutrisi. Anda bisa melakukan olahraga yoga atau jalan santai. Jika ingin latihan mengangkat beban, pastikan intensitas berolahraga tidak membuat badan menjadi lemas.

4. Jangan Paksakan Diri

Sebisa mungkin Anda tidak memaksakan diri saat mulai terasa lelah ketika berolahraga. Jika badan mulai merasa lemas, pandangan gelap, dan pusing, cobalah untuk berhenti berolahraga.

5. Perhatikan Asupan Nutrisi

Ketika sudah memasuki waktu untuk makan dan minum, pastikan asupan nutrisi yang diberikan seimbang dan tidak kurang. Hal ini guna menunjang kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan membantu proses pemulihan. Pastikan protein, karbohidrat, kalsium, mineral, hingga vitamin bisa terpenuhi secara baik.

Bagi Anda yang mengalami kondisi tertentu seperti darah rendah atau diabetes sebaiknya melakukan konsultasi dengan ahli gizi atau tenaga kesehatan lainnya agar olahraga yang dilakukan bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Hal ini juga berlaku bagi seseorang yang memiliki jadwal olahraga saat berpuasa. Dengan ditangani oleh tenaga ahli kesehatan, Anda bisa terhindar dari masalah kesehatan dan mendapatkan hasil yang maksimal. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro