5 Penyakit yang Rentan Menyerang Saat Puasa/istimewa
Health

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Saat Puasa

Redaksi
Rabu, 13 Maret 2024 - 13:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menahan makan dan minum mengakibatkan tubuh kekurangan asupan nutrisi serta cairan, sehingga tak jarang saat berpuasa berbagai masalah kesehatan bisa saja terjadi.

Seseorang yang mengalami masalah kesehatan saat berpuasa biasanya disebabkan oleh asupan nutrisi yang kurang atau memiliki riwayat penyakit tertentu.

Selain itu, kondisi lingkungan sekitar juga dapat membuat metabolisme tubuh seseorang tergantung. Tentunya masalah kesehatan ini mengganggu aktivitas selama menjalankan ibadah puasa.

Berikut masalah kesehatan rentan menyerang di bulan puasa.

1. Maag

Penyakit ini bisa menjangkit siapa saja, lantaran saat puasa tubuh akan kekurangan cairan dan makanan yang membuat nyeri pada lambung. Apalagi saat intensitas aktivitas seseorang cukup tinggi dan tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang baik dapat meningkatkan risiko terkena maag.

Maag akan membuat seseorang merasa pusing, mual, nyeri perut, hingga muntah-muntah. Ini akan mengakibatkan terhambatnya aktivitas ibadah puasa. Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat, sayur-sayuran, dan obat untuk meminimalisir timbulnya maag.

2. Gula Darah Rendah

Hampir lebih dari 13 jam tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman. Melansir Medical News Today, pada kondisi ini pankreas akan memproduksi hormone glukagon untuk menstabilkan gula darah agar tidak terlalu turun drastis.

Bagi sebagian orang, gula darah rendah bisa mengakibatkan hilangnya konsentrasi, lesu, dan tubuh mudah lelah. Untuk mencegahnya bisa dengan membatasi konsumsi gula atau minuman manis agar gula dalam tubuh dapat seimbang.

3. Dehidrasi

Kurangnya cairan mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi. Terlebih bagi yang memiliki aktivitas padat dapat membuat kondisi tubuh semakin rentan terjangkit dehidrasi akut.

Dehidrasi membuat tubuh menjadi lemas, bibir pecah-pecah, mulut kering, dan hilangnya konsentrasi. Oleh sebab itu, dilansir Kementerian Kesehatan dianjurkan untuk mengonsumsi 2,5 liter air per hari. Usahakan hindari minuman manis saat berbuka dan sahur.

4. Sakit Kepala

Sakit kepala selalu dirasakan oleh semua orang yang disebabkan oleh aktivitas harian padat dan kurangnya jam tidur. Tak hanya itu, tekanan darah yang rendah membuat pasokan oksigen ke otak berkurang sehingga membuat area kepala menjadi pusing.

Sakit ini bisa mengganggu produktivitas ibadah puasa. Cobalah untuk mengurangi rokok dan minuman berkafein serta menerapkan pola tidur yang teratur agar tekanan darah tidak terganggu. Kemudian, konsumsi lah aneka sayuran dan buah-buahan supaya asupan nutrisi terlengkap.

5. Sakit Tenggorokan

Masalah kesehatan ini terjadi lantaran tubuh kekurangan cairan yang membuat tenggorokan rentan kering. Hal ini tidak menutup kemungkinan mengiritasi tenggorokan saat masuknya zat asing. Cobalah mengonsumsi buah-buahan dan berkumur dengan air garam agar sakit tenggorokan dapat dicegah. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro