Ilustrasi sel darah merah/Istimewa
Health

Jarang Dialami Orang, Ini Daftar Penyakit Langka di Dunia

Redaksi
Rabu, 28 Februari 2024 - 14:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rare Disease atau penyakit langka merupakan kondisi yang dialami oleh beberapa orang saja. Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kelainan genetik.

Seseorang yang mengalami penyakit ini biasanya mempunyai ciri khas sendiri. Kondisi ini bisa terjadi di berbagai negara belahan dunia.

Berdasarkan European Journal of Human Genetic yang dirilis pada laman natrure.com mencatat sekitar 300 juta orang mengidap penyakit langka, di mana terdapat 6.000 penyakit langka yang terdeteksi di berbagai negara.

Satu dari 2000 orang mengidap penyakit langka. Data lainnya menunjukan pada negara Indonesia diperkirakan 8-10% populasi warga Indonesia terjangkit penyakit langka.

Di sisi lain, dalam laporan National Institutes of Health mencatat 7.000 penyakit langka masih belum menemukan solusi penyembuhannya. Walaupun begitu, 500 diantaranya telah menemukan titik terang untuk mengobati penderita penyakit langka.

Lantas, apa saja penyakit langka yang ada di dunia? Melansir National Organization for Rare Disorders terdapat jenis penyakit langka, yaitu:

1. Akondrogenesis

Masalah kesehatan ini merupakan kelainan pada tulang, di mana tulang yang tumbuh tidak berukuran normal. Tubuh dari penderita kelainan ini akan terlihat tidak proporsional dan memiliki ukuran tinggi dibawah rata-rata. Akondrogenesis bisa dideteksi sejak usia kehamilan menginjak 14-17 minggu.

2. Sindrom Aarskog

Sindrom ini tidak jauh berbeda dengan Akondrogenesis. Aarskog merupakan kondisi genetik langka yang membuat seseorang memiliki ukuran badan yang kecil, kelainan pada wajah, tampilan fisik, kelainan otot, dan mental.

3. Neuroma Akustik

Neuroma Akustik biasanya dikenal dengan sebutan Schwannoma Vestibular yang merupakan kondisi seseorang mengalami kelainan pada pendengaran. Masalah ini diakibatkan saraf kranial tertekan oleh tumor, sehingga mengganggu proses pengiriman sinyal ke otak. Umumnya, seseorang yang terkena penyakit ini akan merasa pusing, mendengar suara denging secara terus menerus, hingga kehilangan keseimbangan.

4. Anemia Aplastik

Berbeda dari anemia pada umumnya, kondisi ini masuk pada tahap serius lantaran adanya kegagalan sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel darah merah. Gejala yang dialami penyakit ini adalah pendarahan, anemia, dan infeksi. Adapun penyebabnya ialah masalah pada sistem kekebalan tubuh.

5. Sindrom Ablepharon-Makrostomia (AMS)

Sindrom AMS merupakan kelainan genetik langkah yang ditandai dengan kurang atau tidak adanya kelopak mata. Seseorang yang ternjangkit sindrom ini mempunyai mata, mulut, dan telinga yang terletak rendah dari daun telinga. Gejala lainnya adalah tidak adanya puting , masalah pertumbuhan rambut, kelainan umbilikal, terlambat dalam pertumbuhan, dan masalah intelektual.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro