Ilustrasi susah tidur hingga memilih berbaring di lantai/sleepfoundation
Health

Efek Begadang Bisa Picu Serangan Jantung Hingga Penyakit Ginjal, Ini 5 Tips Mudah Tertidur

Mutiara Nabila
Jumat, 15 Maret 2024 - 22:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Efek begadang tiap malam dapat memacu penyakit yang serius sebagai dampak terganggunya metabolisme tubuh. Individu yang terus-menerus tidur kurang dari enam jam per malam menghadapi kemungkinan 20% lebih tinggi mengalami serangan jantung.  

Pada skala yang lebih ringan, efek begadang setiap malam akan meningkatan stres dan gangguan aktivitas. Selain itu, seringnya begadang dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah.

Maka tidak heran, efek begadang setiap malam ini meningkatnya prevalensi serangan jantung dan penyakit ginjal, khususnya di kalangan generasi muda. 

Meski demikian, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Ginjal dan Hipertensi, dr. Dina Nilasari, Ph.D., Sp.PD-KGH mengatakan bahwa anak muda yang terkena penyakit ginjal terjadi karena banyak faktor.

"Ada beberapa faktor, pertama lifestyle berpengaruh, begadang misalnya. Memang nggak akan langsung bikin ginjal rusak. Tapi, sering kali untuk bisa bergadang, banyak mengkonsumsi energy drink, itu ada kafeinnya, lalu ada bahan lain yang dalam jangka panjang konsumsi berlebihan bisa mengganggu ginjal," ujarnya di Jakarta, Kamis (14/3/2024). 

Demikian pula dengan stroke, penyakit kardiovaskular lainnya, yang juga dikaitkan dengan kurang tidur. Kurang tidur meningkatkan tekanan darah dan berkontribusi terhadap penumpukan plak di arteri, membuat individu lebih rentan terhadap penyumbatan yang menyebabkan stroke atau stroke ringan.  

Selain itu, obesitas, diabetes, dan masalah metabolisme lainnya yang terkait dengan pilihan gaya hidup yang buruk semakin menambah risiko penyakit jantung.

Untuk mengurangi risiko serangan jantung dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, penting untuk memprioritaskan kebiasaan tidur yang sehat.

Berikut ini beberapa strategi agar terhindar dari efek begadang setiap malam 

  • Memilih Kasur yang Tepat

Berinvestasi pada kasur yang nyaman memainkan peran penting dalam memfasilitasi kualitas tidur yang baik. Kasur yang dapat menopang tubuh dengan baik disesuaikan dengan preferensi individu dapat mendorong tidur nyenyak.

  • Targetkan Mendapat Tujuh Jam Tidur

Tidur secara konsisten minimal tujuh jam per malam sangat penting untuk menjaga kesehatan yang optimal. Durasi tidur yang cukup memungkinkan tubuh melakukan peremajaan dan perbaikan, sehingga mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

  • Olahraga Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung tetapi juga meningkatkan kualitas tidur. Memasukkan olahraga ke dalam rutinitas sehari-hari dapat membantu mengatur pola tidur dan menghilangkan stres.

  • Mempertahankan Jadwal Tidur yang Konsisten

Menetapkan jadwal tidur yang konsisten, termasuk waktu tidur dan waktu bangun yang konsisten, membantu mengatur jam internal tubuh, meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan.

  • Menghindari Makan Larut Malam

Mengonsumsi makanan berat di malam hari dapat merusak pola tidur kita dan berkontribusi terhadap ketidaknyamanan pencernaan. Memilih makanan ringan dan bergizi di awal malam mendukung kebersihan tidur yang lebih baik.

Intinya, meningkatnya kejadian serangan jantung menekankan pentingnya memprioritaskan tidur dan menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat. 

Pahamilah bahwa tidur bukan hanya sebuah kemewahan, melainkan adalah kebutuhan mendasar untuk kesehatan dan umur panjang yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro