Orang tua yang memiliki rambut uban/idisciple.org
Health

10 Makanan Mencegah Pertumbuhan Rambut Putih Uban

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 - 11:15
Bagikan

6. Cokelat hitam

Cokelat biasanya ditemukan pada makanan atau minuman penutup, mempunyai rasa yang manis menjadikan cokelat cukup populer di berbagai kalangan, jenis cokelat di dunia sangat beragam salah satunya yakni cokelat hitam. 

Coklat hitam mempunyai kandungan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan rambut, kaya akan antioksidan dan mineral yang dapat membantu produksi melanin dan menjaga pigmentasi rambut sehingga dapat mencegah timbulnya uban.

7. Ikan

Ikan menjadi salah satu sumber protein yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak terkecuali kesehatan rambut. Beberapa jenis ikan mempunyai asam lemak omega 3 yang bagus dalam menjaga kesehatan kulit kepala yakni dapat mengurangi kekeringan dan peradangan yang dapat menyebabkan pertumbuhan uban pada usia muda.

Berikut jenis ikan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut.

1. Salmon

2. Makarel

3. Sarden


8. Kacang

Banyak khasiat yang diberikan kacang untuk tubuh salah satunya dapat menjaga kesehatan rambut. Bagi Anda yang mempunyai masalah rambut seperti uban dapat mengonsumsi kacang sebagai solusi untuk mengatasinya.

Kacang almond dan kenari mempunyai kandungan yang bagus dalan menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan yakni melalui kandungan biotin, vitamin B dan seng yang dapat memberikan kekuatan pada rambut dan mencegah pertumbuhan uban sejak dini.

9. Buah beri

Buah beri cukup populer diantara jenis buah lainnya karena banyak manfaat yang diberikan buah ini untuk tubuh, tidak terkecuali dalam menjaga kesehatan rambut. Beberapa jenis buah beri mempunyai kandungan antioksidan yang berguna melawan stres oksidatif dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban pada usia muda.

Bagi Anda yang mempunyai masalah rambut rontok, mengonsumsi buah beri bisa menjadi solusi untuk mengatasinya karena kaya akan vitamin C yang membantu produksi kolagen sehingga dapat menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Berikut buah beri yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut.

1. Bluberi

2. Stroberi

3. Blackberry


10. Sayuran hijau

Sayuran memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak terkecuali untuk kesehatan rambut. Banyak sekali jenis sayuran yang dapat dikonsumsi salah satunya yakni sayuran hijau, beberapa sayuran hijau mempunyai sumber vitamin seperti A,C, dan E, serta mineral seperti zat besi dan kalium.

Sayuran hijau dapat mencegah pertumbuhan uban melalui peran nutrisi didalamnya, cara kerja sayuran hijau yakni menjaga kesehatan folikel rambut dan meningkatkan produksi melanin pada rambut.

Berikut sayuran hijau yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut.

1. Bayam

2. Kangkung

3. Lobak swiss

(Nur Afifah Azahra Aulia)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro