Bikin Cepat Lapar, Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur/boldsky.com
Health

Bikin Cepat Lapar, Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur

Redaksi
Selasa, 19 Maret 2024 - 12:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Makan di waktu sahur adalah cara untuk menambah energi agar bisa tetap produktif selama puasa. Namun, ada beberapa makanan yang harus dihindari ketika sahur karena bisa membuat lapar lebih cepat.

Pada umumnya, makanan yang rendah serat, tinggi gula, dan garam bisa membuat tubuh selalu memberikan sinyal lapar. Tentunya ini sangat mengganggu fokus ibadah selama bulan Ramadan.

Apalagi karena jenis makanan ini puasa Anda menjadi batal dan harus menggantinya di kemudian hari, yang pastinya jauh lebih berat untuk menjalaninya.

Melansir WebMD, ada terdapat beberapa jenis makanan yang bisa membuat lapar lebih cepat, yaitu:

1. Roti Tawar Putih

Roti tawar putih tidak mengandung serat atau nutrisi. Kandungan karbohidrat pada roti akan dicerna menjadi gula oleh tubuh. Sehingga kadar insulin akan meningkat dan membuat rasa lapar datang lebih cepat. Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi roti gandum.

2. Sereal

Rata-rata sereal diolah dengan bahan dasar tepung dan mempunyai kadar gula yang tinggi yang diantaranya mengandung pemanis buatan. Mengonsumsi sereal saat sahur hanya akan memberikan rasa kenyang yang sesaat, karena kandungan tersebut sangat mudah oleh tubuh dan bisa memengaruhi gula darah.

3. Yogurt

Mengonsumsi yogurt saat sahur sebenarnya baik untuk tubuh selama rendah gula. Beda halnya dengan yogurt yang mempunyai komposisi pemanis buatan atau tambahan perasa lainnya. Jika Anda konsumsi saat sahur, tak berselang lama tubuh akan merasa lapar. Cobalah untuk mengonsumsi yogurt dengan komposisi rendah gula dan sebaiknya dimakan bersama granola atau buah untuk memperkaya serat serta nutrisi lainnya.

4. Kentang Goreng

Kentang goreng memang mempunyai kandungan karbohidrat, namun hal itu tidak bisa membuat rasa kenyang bertahan lama. Apalagi, kentang goreng selalu disandingkan oleh saos dan ditaburi garam yang mengakibatkan tingginya kadar natrium.

5. Donat

Mengonsumsi donat saat sahur mungkin hanya memberikan rasa kenyang sesaat, sebab donat sangat rendah akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan gula dan tepung yang tinggi pada donat hanya akan menimbulkan masalah kesehatan, seperti obesitas dan diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan.

6. Jus Buah

Pada dasarnya jus buah mempunyai beragam khasiat bagi kesehatan tubuh karena dapat memenuhi berbagai nutrisi. Namun, jus buah yang rendah serat dan tinggi gula hanya akan membuat Anda sia-sia ketika mengonsumsinya. Jika Anda ingin mengonsumsi jus buah saat sahur, pastika buah tersebut tinggi serat dan hindari penggunaan gula. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro