Ilustrasi tepung kelapa/agribisnis.co.id
Health

Ini 6 Jenis Tepung yang Sehat Untuk Penderita Diabetes

Redaksi
Kamis, 4 April 2024 - 08:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para penderita diabetes perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar kadar gula darah tidak meningkat untuk itu mulai sekarang hindarilah makanan berbahan tepung-tepungan yang mengandung gluten dan pilihlah jenis tepung yang sehat untuk dikonsumsi.

Tepung menjadi salah satu bahan makanan yang sering sekali dikonsumsi, biasanya tepung digunakan dalam makanan ringan maupun makanan berat.

Banyak sekali jenis tepung yang diperjual belikan, akan tetapi untuk penderita diabetes perlu berhati-hati dalam memilih jenis tepung mulai sekarang cobalah untuk membeli jenis tepung dengan kadar glikemik yang rendah agar kadar gula darah tidak meningkat.

Dilansir dari type2diabetes.com dan fitelo.co, Selasa (3/4/2024) American Diabetes Association mengatakan bahwa makanan bisa dinyatakan rendah glikemik apabila hanya mengandung nilai glikemik sekitar 55 atau lebih rendah dalam tepung.

Simak berikut ini jenis tepung yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes:

1. Tepung almond

Bagi para penderita diabetes yang sering mengonsumsi makanan yang mengandung tepung terigu mulai sekarang cobalah beralih dengan menggunakan tepung almond. Tepung ini aman dikonsumsi untuk penderita diabetes karena memiliki protein dan indeks glikemik yang sangat rendah yakni kurang dari 1 glikemik sehingga pengaruhnya hanya sedikit dalam kenaikan gula darah.

Tepung almond juga sangat fleksibel yakni dapat digunakan dalam berbagai jenis olahan makanan manis maupun gurih. Anda dapat menggunakan jenis tepung ini untuk membuat kue kering, muffin, dan roti.

2. Tepung kedelai

Tepung kedelai memang tidak begitu populer dibandingkan jenis tepung lainnya akan tetapi tepung ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena memiliki kandungan indeks glikemik yang cukup rendah yakni dengan nilai 5. Indeks glikemik yang rendah akan membantu dalam mengontrol kenaikan kadar gula darah yang menjadi penyebab diabetes.

Mulai sekarang cobalah untuk menggunakan tepung kedelai dalam olahan masakan, Anda dapat menggunakan tepung ini dalam membuat hidangan pancake, biskuit, dan muffin.

3. Tepung kelapa

Bagi orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat, keto, atau paleo mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis tepung kepala.

Tepung ini memiliki kandungan indeks glikemik yang lebih besar dibandingkan jenis tepung sebelumnya yakni sekitar 49-51, akan tetapi kandungan ini masih aman dikonsumsi bagi penderita diabetes untuk itu mulai sekarang cobalah memasukkan tepung kelapa dalam olahan makanan.

4. Tepung buncis

Tepung buncis cukup jarang digunakan di Indonesia akan tetapi jenis tepung ini aman apabila dikonsumsi bagi para penderita diabetes karena mempunyai kandungan yang kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah yakni 44 dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja adapun kandungan lainnya yakni protein yang dapat membantu untuk mencegah resistensi insulin yakni merupakan kondisi yang mengganggu regulasi gula darah, mulai sekarang cobalah masukkan tepung buncit kedalam olahan makanan.  

5. Tepung gandum

Tepung gandum menjadi salah satu jenis tepung yang aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes karena memiliki glikemik yang cukup rendah yakni 44 dan bebas dari gluten sehingga dapat membantu dalam menjaga kadar gula darah. 

Mulai sekarang cobalah masukkan tepung gandum dalam berbagai olahan makanan yakni dengan menggantikan sekitar 1 ⅓ cangkir tepung gandum untuk setiap cangkir tepung biasa yang digunakan, banyak hidangan yang dapat dibuat dengan tepung gandum yakni seperti kue kering, muffin, dan pancake.

6. Tepung quinoa

Tepung quinoa memang jarang sekali digunakan akan tetapi tepung ini cukup sehat untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes karena mempunyai kandungan glikemik yang cukup rendah, tidak hanya itu saja tepung ini juga kaya akan serat dan protein yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

Dilansir dari lofoods.fit, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung tepung quinoa dapat membantu mengatasi diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi.  

Manfaat yang diberikan apabila mengonsumsi tepung dengan glikemik yang rendah untuk penderita diabetes:

1. Orang yang mengonsumsi tepung rendah glikemik akan lebih mudah dalam mendapatkan kadar gula darah yang stabil 
2. Memperlambat penyerapan glukosa melalui kandungan serat yang ada di dalam tepung rendah glikemik

3. Menambah gizi dalam tubuh melalui kandungan nutrisi yang diberikan dalam tepung

4. Jenis tepung yang aman untuk penderita diabetes dapat membantu dalam mengontrol berat badan.

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro