Penumpang antre di stasiun untuk naik MRT Jakarta pada saat libur Lebaran/MRT Jakarta
Travel

5 Tips Aman Libur Lebaran

Redaksi
Selasa, 9 April 2024 - 09:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Libur lebaran sangat dinantikan oleh semua kalangan untuk melakukan perjalanan wisata ke beberapa wilayah. Momen ini dimanfaatkan banyak orang untuk berlibur dan mengeksplorasi wisata yang ada di Indonesia.

Dalam kurun waktu seminggu setelah hari raya Lebaran, seluruh destinasi yang ada di beberapa wilayah akan dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah. Tidak hanya tempat wisata, melainkan sarana akomodasi, tempat perbelanjaan, dan fasilitas lainnya juga dipadati oleh pengunjung.

Jika Anda ingin melakukan liburan saat libur Lebaran, pastikan Anda mempersiapkan seluruh kebutuhan dan perlengkapan dengan baik. Ramainya pengunjung yang datang, menjadi faktor pertimbangan Anda untuk selalu berhati-hati dan menjaga keamanan saat berlibur.

Mungkin sebagian dari Anda, masih bingung mengenai menjaga keamanan saat berlibur. Mulai dari kebutuhan diri, rangkaian kegiatan, kemudahan transportasi, serta akomodasi, menjadi penentu keamanan dan kenyamanan saat berlibur.

Dilansir dari latimes.com dan sumber lainnya, tips untuk menjaga keamanan saat berlibur adalah:

1. Pastikan segala kebutuhan terpenuhi

Sebelum Anda melakukan liburan, pastikan sejumlah uang, tiket, akomodasi, dan transportasi yang digunakan dalam keadaan siap. Sesuaikan semua kebutuhan Anda dengan bujet yang dimiliki supaya tepat dan nyaman.

Anda dapat mencari rekomendasi tempat wisata, penginapan, dan transportasi yang digunakan melalui media sosial dan platform online, supaya semua hal tersebut dapat diatur dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pribadi.

2. Membawa kartu identitas secara lengkap dan obat pribadi

Kartu identitas adalah salah satu hal yang tidak boleh ditinggal saat berpergian. Hal digunakan untuk mengurus beberapa keperluan, dan dibutuhkan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Perihal obat-obatan, wajib dibawa untuk mengatasi segala penyakit yang kambuh saat liburan berlangsung. Setidaknya ada pertolongan pertama yang dapat dilakukan, sebelum kondisi kesehatan Anda semakin memburuk.

3. Menikmati suasana alam sekitar

Ketika Anda melakukan liburan, pastikan tubuh dan pikiran Anda dalam keadaan yang siap untuk menikmati suasana di tempat wisata tersebut. Fokus kepada waktu berlibur tanpa harus mengingat segala pekerjaan maupun kesalahan di masa lalu.

Anda dapat menonaktifkan handphone untuk memanfaatkan waktu berlibur dengan cara membersihkan pikiran, dan siap untuk menerima inspirasi terbaru dalam kehidupan.

4. Pilih opsi liburan yang tepat

Jika Anda tidak suka berpergian jauh dan memilih untuk liburan dengan cara yang simpel, opsi yang tepat adalah datang ke bioskop. Anda dapat menonton film terbaru edisi setelah Lebaran, dan melakukan hal lain yang bersifat pribadi.

Selain itu, Anda juga dapat datang ke tempat salon, toko baju, maupun toko lainnya yang dapat mempercantik, serta meningkatkan kepercayaan diri. Intinya pilih jenis liburan yang sesuai dengan kemauan Anda. Meski hanya berlibur dengan menonton film di bioskop saja, setidaknya Anda merasa bahagia, aman, dan nyaman.

5. Pastikan tubuh dalam keadaan yang sehat

Syarat berlibur adalah kesehatan diri sendiri. Karena perjalanan akan selalu aman dan lancar ketika Anda dalam kondisi yang sehat. Sebaiknya, lakukan pemeriksaan sebelum berlibur, supaya perjalanan liburan Anda tidak terganggu, serta meminimalisir segala kemungkinan yang dapat terjadi.

Tips aman berlibur tentunya tidak terlepas dari pengetahuan dan kesadaran diri sendiri, dalam persiapan hingga saat waktu liburan berlangsung. Kebutuhan jasmani dan rohani, serta keperluan pribadi yang cukup menunjang, menjadi faktor penentu terkait keamanan dan kenyamanan saat berlibur.

Anda harus bersikap bijak dan pandai memanfaatkan waktu singkat tersebut, untuk memaksimalkan serta menghasilkan liburan yang indah, berkesan, dan dapat dikenang semasa hidup. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro