Destinasi Wisata di Israel dan Iran, Jadi Saksi Bisu Sejarah Agama Islam dan Kristen/Reuters
Travel

Destinasi Wisata di Israel dan Iran, Jadi Saksi Bisu Sejarah Agama Islam dan Kristen

Redaksi
Senin, 15 April 2024 - 14:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Negara Israel dan Iran tengah dilanda konflik perang. Walaupun begitu, kedua negara tersebut menyimpan tempat wisata yang jadi primadona wisatawan lokal maupun mancanegara.

Beberapa tempat wisata di negara tersebut merupakan situs arkeologi yang memiliki nilai historis.

Tak jarang tempat wisata di kedua negara itu sering dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia, terutama yang berkaitan dengan sejarah agama seperti Islam, Kristen, dan Yahudi.

Israel dan Iran memang salah satu negara yang menjadi saksi bisu perkembangan agama yang saat ini dianut oleh orang di berbagai dunia.

Selain wisata religius dan sejarah, negara yang terletak di Timur Tengah itu juga mempunyai eksotisitas wisata alam yang tidak kalah menarik dari negara lainnya.

Berikut tempat wisata di Israel dan Iran.

Israel

1. Laut Mati

Destinasi wisata alam yang terletak di perbatasan negara Yordania, Palestina, dan Israel memiliki kedalaman 400 M. Laut mati sendiri memiliki keunikan di mana bagi orang yang berenang tidak akan tenggelam, karena kandungan garam yang tinggi membuat siapapun mengambang dengan sendirinya.

Kandungan garam tersebut terbentuk secara alami. Selain itu, para wisatawan bisa menikmati keindahan alam di sekitar laut mati dengan mengunjungi Dead Sea Resthouse, Adventure City Fun Park, dan Qumran Caves. Ini merupakan tempat yang cocok bagi wisatawan yang memiliki ketertarikan mengunjungi wisata alam.

2. Kota Yerusalem

Kota Yerusalem merupakan objek wisata religi karena mempunyai sejarah dari agama Kristen, dimana menjadi saksi bisu bagaimana niscaya Tuhan Yesus yang mati dan hidup kembali. Kota ini dapat dikatakan jadi tempat suci bagi umat kristiani akan sejarah tersebut dan merupakan objek ziarah.

Di kota itu terdapat tugu Yad Vashem yang merupakan tugu peringatan bagi korban genosida Holocaust. Selain itu, wisatawan bisa menapaki jalan bernama Dolorosa yang merupakan pelintasan Tuhan Yesus diarak menuju proses oeonyaliban.

3. Kota Tel Aviv

Tel Aviv merupakan kota yang sudah mengalami perkembangan teknologi yang membuatnya sangat modern dibandingkan kota lainnya. Walaupun saat ini Tel Aviv tengah dalam keadaan darurat atas terjadi perang. Padahal, kota ini memiliki museum yang menceritakan bagaimana perkembangan Islam dan Kristen.

Selain sejarahnya, Tel Aviv kerap jadi tujuan bagi wisatawan untuk berjemur dan membeli buah tangan di beberapa tempat perbelanjaan tradisional maupun modern. Kota ini menyuguhkan berbagai kuliner khas negara Israel.

4. Laut Galilea

Selain laut mati, wisatawan dapat mengunjungi Laut Galilea. Laut Galilea akan menyuguhkan pemandangan pedesaan yang otentik dengan negara Israel. Tempat ini dikelilingi situs bersejarah, menara, taman nasional, dan sumber air panas, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengeksplorasi keindahan alam di negara Timur Tengah itu.

Laut Galilea sebenarnya danau air tawar terendah di dunia yang dialiri oleh sungai Jordan. Wisatawan bisa mengunjungi tempat lainnya di dekat danau tersebut, seperti Arbel, Gunung Tabor, Taman Nasional Arbel, Tel Dan, Desa Sungai Jordan, Naharayim, dan Taman Nasional Korazim.

5. Kota Betlehem

Beda cerita dengan Kota Yerusalem, Kota Betlehem adalah tempat lahirnya Tuhan Yesus Kristus, sehingga wisatawan beragama Kristen sangat mengagungkan kota tersebut. Wisatawan dari Yerussalem hanya menempuh waktu 1,5 jam ke Betlehem. Umumnya, para wisatawan mengunjugi gereja-gereja yang telah lama berdiri dan kental akan sejarah agama Kristen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro