Sejarah Kartini
Entertainment

Sambut Hari Kartini, Mari Memakna Emansipasi Bagi Wanita

Redaksi
Sabtu, 20 April 2024 - 10:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap tanggal 21 April menjadi peringatan Hari Kartini, sebagai salah satu momentum berharga bagi perempuan di Indonesia.

Peringatan ini untuk mengenang pahlawan wanita yakni Kartini yang sangat berjasa bagi kaum perempuan. Setiap peringatannya, selalu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang menjunjung tinggi peran perempuan Indonesia sepanjang zaman.

Jasa yang diberikan oleh Kartini membawa dampak besar bagi pergerakan dan pandangan semua masyarakat, bahwa perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata. Gerakan emansipasi yang dibawa oleh Kartini ini. membuat banyak perubahan besar terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

Kartini merupakan perempuan yang berhasil menyelesaikan pendidikan di Sekolah Europeesche Lagere (ELS). Sekolah ini merupakan sekolah anak keturunan bangsawan Eropa, negara Timur, dan Indonesia. Tentunya, tidak sembarang orang dapat menempuh pendidikan di tempat tersebut.

Selama bersekolah, Kartini bergaul dengan orang- orang Belanda dan disitulah awal mula pemikiran Kartini mengalir untuk melakukan perubahan. Dirinya gemar menulis surat yang berisikan situasi sosial yang terjadi di Indonesia, terutama mengenai hak setiap perempuan. Hak tersebut terhalang oleh budaya dan hambatan lain, yang berasal dari kepercayaan orang Indonesia pada masa itu.

Dilansir dari whiz.id,  Sabtu (20/4/2024) surat dari Kartini banyak yang dikirimkan pada majalah wanita Belanda De Hollandsche Lelie. Tulisan ini berisi suara tentang peran dan kesetaraan yang seharusnya dapat terjadi bagi perempuan di Indonesia. Perempuan berhak mendapatkan kesetaraan dan kebebasan dalam bertindak.

Sebagai perempuan muda di Indonesia, dirinya banyak mengusung tema dan perubahan yang sangat baik, demi kemajuan bangsa. Pemikiran dan ide-ide perubahannya, memberikan dampak yang sangat besar terhadap kemajuan bangsa hingga saat ini.

Kartini berhasil menulis dan menerbitkan buku yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Buku ini menjadi bukti karta Kartini semasa hidup, terkuat keseriusan dirinya dalam memberikan kemerdekaan bagi kaum perempuan di Indonesia. Karya ini selalu dikenang, dan dimaknai oleh masyarakat Indonesia sebagai langkah awal untuk mendapatkan kepercayaan dan pembuktian,  bahwa perempuan layak untuk memimpin.

Hal ini yang membuat gerakan emansipasi wanita dapat berjalan hingga saat ini. Mungkin awalnya seluruh kepemimpinan dan segala projek hanya dapat dipegang oleh laki-laki saja, tetapi untuk sekarang dan masa yang akan datang, perempuan Indonesia akan lebih banyak peran dan kontribusi terhadap kemajuan bangsa.

Anda dapat melihat banyak pemimpin negara, politikus, influencer, hingga para pejuang yang diduduki oleh banyak perempuan hebat. Kini, efek dari gerakan emansipasi wanita dapat terpancar di mata masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, perempuan Indonesia memiliki daya saing yang kuat, dan kualitas terbaik dari masa sebelumnya.

Emansipasi bukan hanya mengubah posisi perempuan saja, melainkan memperlihatkan kepada dunia bahwa peran perempuan tidak akan terganti sepanjang zaman. Perempuan siap bekerja, dan menjadi elemen terpenting atas kemajuan yang diperoleh bangsa Indonesia.

Memaknai emansipasi wanita di hari Kartini, harus dipahami oleh seluruh perempuan di Indonesia, bahwa perempuan harus bersikap kritis, berani, cerdas, dan siap untuk membawa perubahan yang lebih baik. Selalu menerapkan sikap berani untuk berani dan bertindak, serta menyuarakan bahwa perempuan memiliki kesetaraan dan peran besar dalam setiap kehidupan. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro