Komitmen menjadi kunci penting dalam menjalin  hubungan/freepik
Relationship

Tips Membangun Kepercayaan dan Komitmen Dalam Hubungan

Redaksi
Senin, 3 Juni 2024 - 12:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komitmen dan kepercayaan adalah dasar dari setiap hubungan. Apabila pasangan tidak memiliki keduanya, maka hubungan bisa lebih rentan mengalami konflik.

Seseorang yang ingin menciptakan kepercayaan terhadap pasangan memerlukan konsistensi dan waktu yang lama. Namun, komitmen dan romansa akan membuatnya berjalan lebih mudah.

Dilansir dari onyourmindcounselling.com dan masterclass.com, Senin (3/6/2024) kepercayaan adalah keyakinan terhadap kebenaran perkataan atau tindakan seseorang. Dalam mempercayai pasangan, artinya Anda sudah membuat keputusan untuk selalu mendengarkan penjelasan pasangan terlebih dahulu dibandingkan orang lain.

Namun, banyak pasangan kesulitan menumbuhkan kepercayaan dan komitmen dalam hubungan yang disebabkan trauma masa lalu. Akibatnya, keharmonisan hubungan menurun sehingga seringkali memicu konflik antara kedua belah pihak.

Tips Membangun Kepercayaan dan Komitmen Hubungan

1. Komunikasi terbuka

Komunikasi, kepercayaan, serta komitmen berjalan bersamaan. Karena itu, dapatkan kepercayaan serta komitmen pasangan dengan memberitahu mereka apa yang sedang Anda rasakan, katakanlah secara jujur meskipun hal tersebut dapat melukai mereka. Dengan komunikasi terbuka dapat mempermudah memahami keinginan masing-masing, sehingga kepercayaan dan komitmen dapat terbentuk.

2. Hargai pasangan

Setiap orang pasti ingin dihargai keberadaannya. Namun, pasangan seringkali mengabaikan hal ini, sehingga berakibat fatal pada hubungan yang dijalani seperti timbulnya konflik karena kecemburuan berlebih. 

Karena itu, Anda dan pasangan harus saling menghargai keberadaan satu sama lain dengan cara mendengarkan dan memperlakukan mereka dengan baik seperti bagaimana Anda ingin diperlakukan.

3. Menetapkan pasangan

Kecemburuan berlebihan yang berujung pada sikap posesif seringkali disebabkan karena seseorang tidak memiliki batasan. Karena itu, Anda dan pasangan wajib menetapkan beberapa batasan seperti kontak fisik dengan orang lain atau memberikan waktu untuk diri sendiri. Melalui batasan ini dapat membentuk kepercayaan dan memperkuat komitmen dalam hubungan.

4. Melakukan aktivitas positif

Komitmen yang kuat dalam suatu hubungan dapat dicapai dengan berbagi pengalaman positif bersama. Misalnya berolahraga, main game, memasak, berkebun, berbelanja, atau menonton film.

Selain itu, Anda dan pasangan juga dapat melakukan kegiatan spesial seperti makan malam untuk memperingati hari jadi atau anniversary hubungan. 

Dengan kegiatan positif yang dilakukan bersama, dapat membantu meningkatkan keintiman serta kasih sayang yang berkontribusi pada tingkat kepercayaan seseorang dalam hubungan.

5. Hindari saling menyalahkan

Seseorang seringkali menyalahkan pasangannya ketika terlibat dalam suatu konflik. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, bisa berdampak buruk pada hubungan yang dijalani seperti hilangnya keharmonisan, kepercayaan, dan kejujuran.

Karena itu, Anda dan pasangan harus bersikap netral dalam menyelesaikan konflik, jika perlu berikan ruang pada pasangan untuk saling menenangkan diri. Mencari solusi dengan kepala dingin bisa menurunkan risiko terjadinya konflik serupa dikemudian hari. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro