Ilustrasi hiking/bloomberg
Travel

Tips Memilih Sepatu Hiking yang Ideal

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 7 Juni 2024 - 14:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Speed Hiking atau Lightweight Hiking belakangan ini menjadi kegiatan yang popular di kalangan penikmat kegiatan luar ruangan.

Kegiatan ini berfokus pada kecepatan langkah yang relatif lebih cepat dari berjalan kaki, namun tetap lebih lambat dari berlari.

Meskipun kegiatan ini terkesan lebih singkat, namun persiapannya tidak jauh berbeda dengan kegiatan hiking pada umumnya.

Selain kondisi fisik yang baik dan pengetahuan medan yang mendalam, peralatan yang tepat seperti halnya sepatu juga menjadi salah satu faktor pendukung.

Berkegiatan di luar ruang membutuhkan sepatu yang mumpuni dengan kualitas terbaik dan performa yang tahan lama yang baik untuk mendukung dan memberikan keamanan serta kenyamanan dalam mengeksplorasi alam.

Adapun tips untuk memilih sepatu hiking agar kaki Anda tetap nyaman, pertama-tama Anda perlu memikirkan jenis sepatu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah Anda akan berjalan-jalan berhari-hari di medan yang bergelombang, atau apakah Anda berencana melakukan perjalanan yang lebih serius yang akan membuat Anda berada di jalur yang tidak biasa selama lebih dari lima jam sehari?

Biasanya alas kaki hiking dapat dibagi menjadi beberapa kategori dan setiap jenis cenderung disertai dengan serangkaian fitur yang berbeda-beda.

Dilansir dari Shape berikut tips memilih sepatu hiking yang tepat

1. Kenyamanan

Kenyamanan, serta perlindungan. Saat Anda memakai sepatu hiking, Anda akan merasa seperti tidak memakai sepatu sama sekali.

2. Stabilitas

Saat Anda bergulat dengan medan yang tidak stabil, hal terakhir yang ingin Anda kenakan adalah sepasang sepatu yang tidak stabil. Selain itu, pergelangan kaki sangat rentan terhadap cedera saat mendaki.

3. Pencegahan Cedera

Cedera saat mendaki ternyata lebih mudah dari perkiraan Anda, dan sepatu Anda dapat membantu mencegah hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, sepatu hiking memiliki ciri desain unik yang membedakannya dengan sepatu atletik biasa atau alas kaki kasual dan membantu mencegah cedera.

Sementara itu, dengan semakin bertambahnya minat dari para pegiat olahraga alam, Columbia Sportswear menciptakan teknologi baru pada koleksi sepatu untuk mendukung performa maksimal dalam berkegiatan di outdoor.

Di musim semi 2024, Columbia Sportswear meluncurkan teknologi sepatu terbarunya yang bernama OMNI-MAX.

Teknologi terbaru OMNI-MAX Fusion Performance System mengkombinasikan Versatile Cushioning, Enhanced Stability dan Increased Traction dalam satu waktu.

Versatile Cushioning yaitu bantalan adaptif dengan busa responsif yang memberikan peningkatan penyerapan benturan, pengembalian energi dan kenyamanan tanpa henti.

Enhanced Stability dengan penyangga bagian tengah kaki dirancang dengan kubah defleksi dan alur fleksibel yang mengurangi dampak beban dan meningkatkan fleksibilitas pada berbagai permukaan.

Increased Traction pada sol luar yang di desain dengan canggih dan pola tapak yang diformulasikan khusus untuk memberikan cengkeraman saat melintasi medan dalam kondisi basah maupun kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro