Ilustrasi rokok elektrik. Dok Freepik
Health

Asosiasi Cegah Anak dan Non-Perokok Konsumsi Produk Tembakau Alternatif

Rio Sandy Pradana
Senin, 10 Juni 2024 - 13:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen produk tembakau alternatif berupaya mencegah penggunaan rokok elektronik (vape) bagi konsumen anak-anak dan non-perokok.

Ketua Aliansi Vaper Indonesia (AVI), Johan Sumantri mengatakan dirinya bersama asosiasi pelaku usaha memastikan produk tembakau alternatif tidak diperuntukkan kepada mereka yang tidak memenuhi kriteria.

“Produk ini diciptakan untuk membantu perokok yang ingin beralih dari merokok tetapi tetap mendapatkan asupan nikotin dengan risiko yang lebih rendah,” kata Johan dalam keterangannya, Senin (10/6/2024).

Dia juga terus melakukan sosialisasi kepada publik. Selain itu, AVI siap berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah.

Menurutnya, produsen dan pemerintah perlu merumuskan regulasi terbaik yang dibuat berdasarkan fakta dan penelitian komprehensif sehingga benar-benar bermanfaat bagi perokok dewasa yang sedang mencari alternatif rendah risiko.

Di sisi lain, asosiasi konsumen juga berharap rokok elektronik dan produk tembakau yang dipanaskan, hanya diperuntukkan bagi perokok dewasa yang selama ini kesulitan untuk beralih dari kebiasaan merokok.

"Produk tembakau alternatif tidak pernah ditujukan bagi anak-anak di bawah usia 18 tahun dan non-perokok," kata Ketua Asosiasi Konsumen Vape Indonesia (Akvindo) Paido Siahaan.

Produk yang telah terbukti secara kajian ilmiah, baik di dalam dan luar negeri, lebih rendah risiko ini hanya diperuntukkan untuk perokok dewasa yang mencari alternatif untuk mengurangi kebiasaan merokok.

Secara kajian ilmiah, hasil dari penggunaan produk tembakau alternatif berupa uap, bukan asap seperti pada rokok yang mengandung banyak zat kimia berbahaya.

Agar penggunaan produk tembakau alternatif tepat sasaran, Paido berharap pemerintah menegakkan aturan yang sudah ada. Perlu ada upaya lebih lanjut untuk menegakkan regulasi yang sudah ada.

Efektivitas produk tembakau alternatif sebagai alat bantu perokok dewasa beralih dari kebiasaan merokok telah dibuktikan berbagai penelitian ilmiah, salah satunya melalui hasil riset Universitas Bern berjudul "Electronic Nicotine-Delivery Systems for Smoking Cessation".

Penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine pada Februari 2024 menunjukkan bahwa produk tembakau alternatif terbukti lebih efektif daripada konseling berhenti merokok, untuk mengalihkan perokok dewasa dari rokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro