Ilustrasi orang yang mengalami obesitas/bloomberg
Health

7 Rekomendasi Minuman Penghancur Lemak di Tubuh

Redaksi
Rabu, 19 Juni 2024 - 16:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Permasalahan terkait lemak menjadi persoalan utama bagi setiap manusia. Kadar peningkatan lemak di dalam tubuh akan terus berkembang ketika Anda tidak mampu mengontrol pola makan dan hidup yang seimbang.

Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mengurangi maupun menghancurkan lemak-lemak jahat,  salah satunya dengan mengonsumsi minuman yang memiliki formulasi khusus untuk menghancurkan lemak.

Lemak merupakan sumber energi yang efisien bagi tubuh manusia. Terdapat dua jenis lemak yang terdapat dalam tubuh manusia, yaitu lemak jahat atau high density lipoprotein (HDL) dan lemak baik atau low density lipoprotein (LDL).

Kandungan lemak jahat yang terdapat di dalam tubuh berasal dari makanan yang memiliki kalori tinggi, dan mengandung lemak jenuh. Jika dibiarkan menumpuk, lemak akan berpengaruh terhadap penurunan fungsi tubuh, serta memicu terjadinya penyakit kronis yang membahayakan kesehatan.

Alasan tersebut yang membuat banyak orang memilih untuk melakukan diet, untuk mengurangi kadar lemak dan kalori yang terdapat di dalam tubuh. Dalam hal ini, Anda harus bersikap secara tepat untuk berani memulai hidup sehat dengan memperhatikan jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi minuman dari bahan-bahan alami seperti jahe, madu, dan lainnya yang berfungsi  untuk membakar serta menghancurkan lemak-lemak jahat pada perut.

Dilansir dari food.ndtv.com dan sumber lainnya, berikut 7 rekomendasi minuman penghancur lemak pada tubuh:

1. Cuka apel dengan air hangat

Cuka apel merupakan salah satu bahan dasar yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya membantu melancarkan sistem pencernaan. Kombinasi cuka apel dengan air hangat bertindak sebagai stimulan empedu yang hebat dan menjaga tingkat pH di perut seimbang.

Rasa asam dan perannya sebagai stimulan empedu tersebut, mampu menghancurkan lemak-lemak jahat pada tubuh, serta membuat perut terasa lebih kenyang. Konsumsi cuka apel dengan air hangat juga mampu membuat perut menjadi rata, dan menekan nafsu makan yang lebih seimbang,

2. Madu dengan air kayu manis

Kayu manis memiliki peran yang penting untuk meningkatkan laju metabolisme dan mempercepat proses penurunan berat badan. Secara garis besar, kombinasi madu dengan air kayu manis akan membantu metabolisme gula untuk membasmi lemak yang menumpuk di area perut. Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh kayu manis bersama air hangat dan madu untuk dijadikan minuman yang dapat dikonsumsi setiap pagi.

3. Jus nanas

Nanas diyakini sebagai buah yang memiliki khasiat untuk membasmi lemak jahat pada perut. Enzim bromelin yang terdapat pada nanas mampu membantu metabolisme protein dan membakar lemak yang berlebih. Anda dapat mengonsumsi jus nanas secara cukup,  untuk mengoptimalkan proses penghancuran lemak jahat dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Teh daun mint

Daun mint mampu memberikan sensasi segar pada tubuh. Namun, dibalik sensasi segar tersebut terdapat salah satu manfaat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan dalam perut.

Sensasi dingin dan segar tersebut, membantu meredakan kembung yang dapat menyebabkan penumpukan lemak.  Secara garis besar, daun mint dapat digunakan sebagai salah satu alternatif minuman yang baik untuk menghancurkan lemak jahat dalam tubuh, dan dapat setiap hari sesuai dengan kebutuhan kesehatan pribadi.

5. Jus seledri

Seledri merupakan sayuran hijau yang dapat membawa banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, salah satunya mampu menghilangkan kembung pada perut. Sayuran tersebut dapat dijadikan sebagai jus yang ditambahkan dengan bahan jahe untuk mengatur proses termogenesis dan membakar kalori dalam tubuh. Jus tersebut mampu dijadikan sebagai minuman diet untuk mencegah retensi air terhadap peningkatan lemak di dalam perut.

6. Teh kamomil

Teh kamomil merupakan salah satu minuman yang terbuat dari bahan dasar bunga kamomil kering yang dicampur dengan air hangat. Kamomil dikenal sebagai salah satu obat penenang yang banyak digunakan oleh masyarakat Belgia dan Jerman.

Efek yang muncul setelah minum teh kamomil adalah meningkatnya glisin dalam tubuh, yang membantu melemaskan saraf dan membuat tubuh menjadi rileks. Penelitian juga menemukan fakta bahwa teh kamomil mampu mengendalikan glukosa dan penurunan berat badan tubuh. Secara garis besar, dapat dipastikan bahwa teh kamomil mampu menghancurkan lemak-lemak jahat yang berada di perut.

7. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu minuman fermentasi yang terbuat dari bahan dasar susu. Konsumsi yoghurt setiap hari mampu melancarkan sistem pencernaan dan membakar kalori di dalam tubuh. Bahan dasar susu yang digunakan pada yoghurt mengandung protein berupa whey dan kasein yang mampu meningkatkan pembentukan otot dalam jangka panjang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak otot yang dimiliki, semakin banyak pula kalori yang dibakar oleh tubuh. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro