Cabe rawit salah satu dari 6 Makanan untuk Tekan Rasa Lapar, Bantu Turunkan Berat Badan/kementerianpertanian
Health

Ini 6 Makanan untuk Tekan Rasa Lapar, Bantu Turunkan Berat Badan

Mutiara Nabila
Rabu, 26 Juni 2024 - 03:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurunkan berat badan bisa jadi impian banyak orang saat ini, terlebih tingkat obesitas sudah semakin tinggi dengan perubahan gaya hidup masa kini. 

Namun, salah satu bagian tersulit dalam penurunan berat badan adalah menahan rasa lapar. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali obat diet, obat-obatan yang menawarkan kemampuan untuk menekan nafsu maan. 

Namun, obat-obatan itu belum tentu aman karena tidak jelas kandungannya dan dapat menimbulkan efek samping berbahaya. Tapi, tak perlu khawatir karena untuk menahan nafsu makan, ada penekan nafsu makan alami. 

Beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi seperti fenugreek, teh hijau, dan cuka apel adalah beberapa penekan nafsu makan alami.  

Mengutip Healthshots, berikut ini 5 jenis kandungan makanan yang bisa menjadi penahan nafsu makan alami:

1. Glukomanan

Glukomanan adalah serat makanan alami yang larut dalam air yang diekstraksi dari akar tanaman konjak. Makanan ini mengembang di perut, menciptakan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. 

Tahu, mie dan jeli konjak merupakan beberapa zat yang mengandung Glukomanan. Glukomanan juga tersedia sebagai suplemen makanan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Review, Glukomanan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

2. Ekstrak teh hijau

Kaya akan antioksidan dan kafein, ekstrak teh hijau diketahui bekerja pada metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak sekaligus memberikan efek penekan nafsu makan ringan.  

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Appetite menunjukkan bahwa meminum minuman seperti teh hijau, yang mengandung serat larut dapat membuat orang tidak merasa terlalu lapar.

3. Kafein

Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, dan banyak suplemen. Kafein dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan nafsu makan dengan cara merangsang sistem saraf pusat.  

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Food Science and Nutrition ini menyatakan bahwa meminum minuman berkafein empat jam sebelum makan dapat memengaruhi tingkat rasa lapar. Kafein juga dapat membantu membakar kalori serta mengurangi nafsu makan.

4. Fenugreek

Fenugreek atau biji klabat, merupakan jenis bumbu yang bijinya kaya serat, dan bisa menjadi penekan nafsu makan alami ini dapat membantu mengendalikan nafsu makan dengan menciptakan rasa kenyang dan memperlambat penyerapan karbohidrat dan lemak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition Research mengamati sembilan wanita Korea mengonsumsi teh fenugreek sebelum makan prasmanan.  Terlihat bahwa mereka tidak terlalu lapar dan makan lebih sedikit juga.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi rasa lapar dengan memperlambat laju keluarnya makanan dari lambung.  

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Developments in Nutrition menunjukkan bahwa Cuka Sari Apel membantu mengekang nafsu makan serta mengurangi asupan energi, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Cabai Rawit

Cabai rawit mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak sekaligus mengurangi rasa lapar.  

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Quality and Preference menunjukkan bahwa menambahkan cabai rawit ke dalam makanan sup membantu meningkatkan rasa kenyang serta mengurangi rasa lapar setelah satu jam dikonsumsi.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro