Gunung Everest/reuters
Travel

Ini Dia Deretan Tempat Terbesar, Terbaik dan Terunik di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Senin, 1 Juli 2024 - 09:32
Bagikan

Terbaik

Migrasi Besar-besaran di Serengeti sering dipuji sebagai tontonan satwa liar terbaik di dunia. Setiap tahun, lebih dari 1,5 juta rusa kutub, disertai ratusan ribu zebra dan rusa, melakukan perjalanan melingkar melintasi ekosistem Serengeti-Mara (Tanzania - Kenya) untuk mencari lahan penggembalaan segar.

Perjalanan epik ini, didorong oleh ritme alam yang alami, melibatkan penyeberangan sungai yang dramatis dan pertemuan dengan predator, menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk melihat satwa liar.

Ketika berbicara tentang yang terbaik, kita tidak bisa mengabaikan Kepulauan Galápagos. Pulau-pulau tersebut dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk studi keanekaragaman hayati dan evolusi.

Tahukah Anda, Pulau Galapagos menginspirasi Teori Evolusi Charles Darwin yang terkenal? Kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik ini merupakan rumah bagi berbagai macam spesies unik, seperti kura-kura Galápagos, iguana laut, dan boobies kaki biru.

Keajaiban alam lainnya, Great Blue Hole yang terletak di lepas pantai Belize dianggap sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Lubang pembuangan bawah air yang sangat besar ini, dengan lebar lebih dari 300 meter (984 kaki) dan kedalaman 125 meter (410 kaki), merupakan pemandangan yang memukau dari atas dan bawah air. Penyelam tertarik dengan kedalamannya yang biru jernih, formasi karang yang rumit, dan beragam kehidupan laut, termasuk hiu karang dan kerapu raksasa.

Great Barrier Reef, yang terletak di lepas pantai Queensland, Australia, secara luas dianggap sebagai sistem terumbu karang terbaik di dunia. Ekosistem laut yang luar biasa ini adalah yang terbesar dari jenisnya, membentang sepanjang 2.300 kilometer dan terdiri lebih dari 2.900 terumbu karang dan 900 pulau. Keindahan dan signifikansi ekologisnya yang tak tertandingi telah menjadikannya tempat dalam daftar Warisan Dunia UNESCO dan menjadikannya tujuan utama bagi penyelam dan penggemar alam dari seluruh dunia.

Yang paling unik

Cahaya Utara, atau Aurora Borealis, adalah tampilan cahaya alami menakjubkan yang sebagian besar terlihat di wilayah lintang tinggi di sekitar Arktik. Tirai cahaya yang mempesona ini, yang warnanya berkisar dari hijau, merah muda, hingga ungu, disebabkan oleh tumbukan partikel bermuatan dari matahari dengan atmosfer bumi. Keindahan halus dan kualitas mistis Cahaya Utara menjadikannya salah satu fenomena alam paling unik.

Hal terunik lainnya di dunia yaitu Dead Vlei di Namibia, salah satu pemandangan paling nyata di Bumi. Hamparan tanah liat putih ini, dikelilingi bukit pasir tertinggi di dunia, dipenuhi pepohonan kerangka kuno yang telah mati selama lebih dari 600 tahun.

Di sinilah kematian dan keindahan bersatu dengan cara yang paling unik. Kontras yang mencolok antara tanah yang kering dan retak, bukit pasir berwarna oranye kemerahan, dan langit biru tua menciptakan pemandangan dunia lain yang menghantui sekaligus indah.

Permata lainnya, Pulau Socotra di Yaman terkenal dengan keanekaragaman hayatinya yang unik, dengan lebih dari sepertiga tumbuhannya tidak ditemukan di tempat lain di Bumi. Lanskap dunia lain di pulau ini dihiasi dengan pohon Darah Naga yang ikonik, yang terlihat seperti jamur raksasa dan mengeluarkan getah merah. Keterpencilan Socotra serta flora dan fauna yang berbeda menjadikannya laboratorium evolusi yang hidup dan surga bagi para naturalis.

Laut Mati, danau garam yang berbatasan dengan Yordania di timur serta Israel dan Palestina di barat, merupakan salah satu keajaiban alam terunik di dunia. Ini adalah titik terendah di permukaan bumi, berada lebih dari 430 meter di bawah permukaan laut. Air di Laut Mati sangat asin, dengan konsentrasi garam lebih dari 30%, menjadikannya hampir sepuluh kali lebih asin daripada air laut pada umumnya. Namun, perairan dan lumpur Laut Mati yang kaya mineral terkenal dengan khasiat terapeutiknya, sehingga menarik pengunjung yang mencari manfaat kesehatan dan kebugaran.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro