Tips melepaskan diri dari candu game online. Ilustrasi koin permainan untuk kasino di Makau, China. - Bloomberg/Anthony Kwan
Health

Tips Lifestyle, 7 Cara Lepas dari Candu Game

Redaksi
Selasa, 9 Juli 2024 - 10:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang bermain game dengan durasi yang lama, bisa menyebabkan kecanduan. Hal ini terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.

Kecanduan gim dapat menyebabkan kemarahan, depresi, dan kesepian. Dilansir dari laman foothillsatredoak.com dan scoreatthetop.com, berikut adalah deretan tips yang dapat digunakan untuk melawan adiksi bermain gim.

1. Tetapkan batas waktu yang ketat

Menentukan jumlah waktu yang tepat dalam menggunakan layar adalah keputusan pribadi. Namun, menetapkan batasan tersebut dapat menjadi tantangan, terutama ketika harus menggunakan ponsel dan komputer untuk mengerjakan kepentingan-kepentingan tertentu.

Sepakati berapa banyak waktu yang akan dihabiskan untuk bermain gim dan bangunlah komitmen dalam aturan tersebut. Jika khawatir tentang berapa banyak waktu maksimal yang digunakan untuk bermain gim, mulailah dengan membatasi bermain tidak lebih dari 30 menit setiap harinya.

2. Dorong minat dan hobi lainnya

Mendorong hobi seperti membaca atau melukis dapat menjadi alternatif positif yang dapat dilakukan. Doronglah diri untuk berpartisipasi dalam olahraga, seni, membaca, musik, atau apa pun yang disukai.

Hal ini akan membantu mengembangkan keterampilan dan minat secara menyeluruh, serta memberikan keseimbangan yang sehat dan mencegah kecanduan gim. Selain itu, hal tersebut juga dapat membantu membangun kepercayaan diri dalam lingkup sosial secara langsung.

3. Singkirkan gim dari kamar tidur

Memiliki perangkat game di kamar tidur membuat seseorang lebih mudah bermain di waktu apapun. Selain itu, bermain game sebelum tidur dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk.

Menjaga kamar tidur bebas dari layar akan membantu mengendalikan waktu bermain game dan memastikan seseorang merasa lebih segar dan berenergi di kemudian hari. Latihan ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan dengan mendorong kebiasaan tidur yang lebih berkualitas.

4. Mintalah bantuan teman dan keluarga

Beri tahu teman dan keluarga bahwa Anda khawatir akan kecanduan game dan sedang berusaha untuk menguranginya. Jika merasa terlalu pribadi, Anda memberi tahu kepada teman atau keluarga bahwa Anda tertarik untuk melakukan lebih banyak kegiatan sosial. Tetapkan waktu berkumpul dengan teman-teman untuk berlari, bersepeda, ataupun sebatas menghadiri acara sekolah.

5. Lakukan aktivitas penghilang stres lainnya

Mengeksplorasi hobi baru atau bergabung dengan sebuah komunitas dapat memberikan cara alternatif untuk menghabiskan waktu dan bertemu orang baru. Pelajari cara bermeditasi atau yoga, dan cobalah hal baru lainnya.

Menggambar, melukis, menulis, bermain musik, atau menikmati hobi lain yang tidak memerlukan layar juga dapat menjadi opsi. Melakukan berbagai kegiatan ini dapat memberikan jeda mental yang sangat dibutuhkan di luar dunia digital. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu membangun ketahanan dan meningkatkan kesehatan mental seseorang secara keseluruhan.

6. Jangan abaikan insting, dan pertimbangkan konsekuensi

Jika merasa bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bermain gim, jangan ragu-ragu. Bicaralah dan tanyakan kepada diri sendiri mengapa memilih untuk menghabiskan begitu banyak waktu bermain. Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat menentukan apakah seseorang mungkin menggunakan gim sebagai pelarian dari kecemasan, depresi, atau masalah lainnya.

7. Konsultasikan dengan profesional kesehatan mental

Jika sudah mencoba segala cara untuk lepas dari candu game dan tetap tidak menyadari waktu, melewatkan waktu makan, melewatkan waktu mandi, nilai ujian sekolah menurun, sering begadang, dan mengisolasi diri dari keluarga dan teman dengan bermain game bersama orang asing, mungkin sudah waktunya untuk mencari bantuan profesional.

Berkonsultasi dengan konselor pembimbing terapis kecanduan adalah salah satu contoh bantuan yang bisa didapatkan guna menentukan pilihan terbaik untuk masa yang akan datang. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro