Bekas luka dari herpes zoster/unair
Health

Cegah Herpes Zoster Melalui Vaksinasi

Redaksi
Kamis, 25 Juli 2024 - 19:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pencegahan herpes zoster bisa dilakukan dengan melalui vaksinasi bagi kelompok rentan seperti lansia.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Sally Aman Nasution mengatakan kelompok lansia yang  memiliki imun tubuh rendah, sebaiknya melakukan vaksinasi herpes zoster. Tujuannya, agar kelompok rentan tersebut terhindar dari reaktivasi virus varisela zoster (VZV), yang sama dengan virus cacar air.

“Kami mengimbau kepada para lansia, agar melakukan vaksinasi herpes zoster, agar tidak terdampak lebih serius,” ungkapnya, Rabu (24/7/2024).

Dia juga berharap kedepannya vaksin cacar api atau herpes zoster bisa mendapat perhatian dari regulator dan menjadi bagian dalam program pemerintah agar masyarakat Indonesia yang berisiko dapat memiliki akses ke vaksin ini.

Herpes Zoster atau yang lebih dikenal dengan nama cacar api adalah ruam menyakitkan yang disebabkan oleh reaktivasi virus varisela zoster (VZV). Virus ini merupakan virus yang sama dengan virus penyebab cacar air.

Orang yang memiliki cacar api bisa merasakan sakit atau nyeri, bisa juga tidak, tergantung imunitas dalam tubuh (ruam adalah tandanya). 

Cacar api terjadi ketika ketika virus cacar air, yaitu varisela, tumbuh kembali setelah ‘tidur’ di tubuh seseorang selama beberapa atau puluhan tahun setelah dia sembuh. Hal ini karena virus tersebut sebenarnya tidak hilang setelah orang tersebut sembuh, melainkan bersembunyi di ujung-ujung saraf.

Cacar api secara garis besar disebabkan oleh 2 hal, yaitu imunitas tubuh yang melemah akibat usia (diatas 50 tahun), dan kondisi imunokompromais, yaitu individu yang memiliki imunitas tubuh yang lemah akibat berbagai penyakit. Ketika tanda pertama cacar api muncul, Anda harus segera menemui dokter dalam 72 jam.  (Yoga Al Kemal)

 

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro