Ikustrasi vaksin cacar monyet (monkeypox)./Istimewa
Health

Mengkhawatirkan, Penyebaran Monkeypox di Benua Afrika Semakin Luas

Andhika Anggoro Wening
Rabu, 14 Agustus 2024 - 04:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan kesehatan masyarakat di Afrika menyatakan darurat kesehatan benua, sehubungan dengan wabah mpox yang telah menyebar dari Republik Demokratik Kongo ke negara-negara tetangga.

Dilansir Reuters, Selasa (13/8/2024), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika (CDC Afrika) telah memperingatkan pekan lalu tentang tingkat penyebaran infeksi virus mengkhawatirkan, yang ditularkan melalui kontak dekat dan menyebabkan gejala mirip flu dan lesi berisi nanah.

Meski kebanyakan kasus Monkeypox atau Mpox termasuk ringan namun bisa mematikan.

“Kami mendeklarasikan hari ini darurat kesehatan masyarakat untuk keamanan kontinental untuk memobilisasi lembaga-lembaga kami, kemauan kolektif, dan sumber daya kami untuk bertindak cepat dan tegas,” kata Direktur Jenderal Jean Kaseya dalam sebuah pengarahan yang disiarkan langsung di Zoom.

Wabah di Kongo dimulai dengan penyebaran strain endemik yang dikenal sebagai Clade I. Namun varian baru yang dikenal sebagai Clade Ib tampaknya menyebar lebih mudah melalui kontak dekat yang rutin, terutama di kalangan anak-anak.

Kaseya mengatakan dalam pengarahannya bahwa benua ini membutuhkan lebih dari 10 juta dosis vaksin, tetapi hanya tersedia sekitar 200.000. Dia berjanji bahwa CDC Afrika akan berupaya meningkatkan pasokan ke benua itu dengan cepat.

“Kami memiliki rencana yang jelas untuk mengamankan lebih dari 10 juta dosis di Afrika, dimulai dengan 3 juta dosis pada tahun 2024,” tambahnya, tanpa menyebutkan dari mana vaksin tersebut akan bersumber.

Badan kesehatan tersebut mengatakan bahwa lebih dari 15.000 kasus mpox dan 461 kematian dilaporkan di benua itu pada tahun ini, meningkat 160% dari periode yang sama tahun lalu. Sebanyak 18 negara telah melaporkan kasus tersebut.
 

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro