Mata panda/Antara
Health

Aneka Penyakit yang Bisa Bikin Lingkaran Hitam di Bawah Mata alias Mata Panda

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 Agustus 2024 - 14:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak perempuan yang merasa tidak percaya diri ketika memiliki lingkaran hitam di bawah matanya atau yang biasa disebut mata panda.

Karena ini membuat Anda terlihat lelah dan lebih tua dari usia sebenarnya.

Biasanya, lingkaran hitam di bawah mata ini disebabkan oleh kurang tidur dan kelelahan.

Tapi, ternyata, ada beberapa masalah kesehatan tubuh yang bisa menyebabkan Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata.

Apa yang menyebabkan lingkaran hitam.

Ada beberapa faktor, antara lain:

  1. Alergi: Reaksi alergi dapat menyebabkan peradangan dan pelebaran pembuluh darah di bawah mata, sehingga memperparah lingkaran hitam.
  2. Genetika: Beberapa orang cenderung mengalami lingkaran hitam karena faktor keturunan, seperti kulit yang lebih tipis atau hiperpigmentasi.
  3. Dehidrasi: Saat tubuh mengalami dehidrasi, kulit bisa tampak kusam sehingga lingkaran hitam semakin terlihat.
  4. Kurang Tidur: Kelelahan dapat menyebabkan kulit tampak pucat, sehingga jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit terlihat lebih jelas.
  5. Penuaan: Seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar mata menjadi lebih tipis, membuat pembuluh darah lebih terlihat, yang dapat menyebabkan tampilan menjadi gelap. 

Diet sehat untuk mengatasi lingkaran hitam

Menurut Dr. Ishmeet Kaur, MD, Konsultan Dermatologis, Dermosphere Clinic, penulis, Good Skin Bad Skin, “Pola makan seimbang yang kaya vitamin dan mineral dapat memberikan dampak positif pada kulit Anda. Makanan tinggi antioksidan, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan memperbaiki penampilan secara keseluruhan. Makanan kaya zat besi, seperti sayuran berdaun hijau dan daging tanpa lemak, bisa sangat bermanfaat jika lingkaran hitam Anda berhubungan dengan kekurangan zat besi. Selain itu, mengurangi asupan garam dapat membantu meminimalkan bengkak di bawah mata yang disebabkan oleh retensi cairan.”

Salah satu cara paling mudah dan efektif untuk mengurangi lingkaran hitam adalah dengan memastikan Anda cukup tidur. Usahakan tidur berkualitas 7-9 jam setiap malam.

Selain itu, mengelola stres melalui aktivitas seperti meditasi, olahraga, atau yoga dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam, karena stres dapat memperburuk masalah ini dengan memengaruhi tidur dan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Perlindungan terhadap sinar matahari setiap hari sangat penting untuk mencegah penggelapan lebih lanjut. Gunakan tabir surya berspektrum luas dengan setidaknya SPF 30 dan kenakan kacamata hitam untuk melindungi kulit halus di sekitar mata Anda dari sinar UV.

Dehidrasi dapat membuat lingkaran hitam semakin menonjol, jadi penting untuk tetap terhidrasi dengan minum banyak air sepanjang hari. Mengompres mata dengan kompres dingin atau irisan mentimun dingin juga dapat mengurangi bengkak dan lingkaran hitam untuk sementara karena menyempitkan pembuluh darah.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro