Pasangan artis Marissa Haque dan Ikang Fawzi. Dok Instagram @marissahaque
Entertainment

Profil Marissa Haque, Aktris dan Eks Politisi yang Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun

Jessica Gabriela Soehandoko
Rabu, 2 Oktober 2024 - 09:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Marissa Haque telah meninggal dunia pada Rabu dini hari (2/10/2024). Marissa adalah aktris ternama yang sempat menekuni di dalam dunia politik hingga kini mengabdi di bidang pendidikan sebagai pengajar atau dosen. 

Berdasarkan pesan singkat yang diterima Bisnis, Marissa Haque yang merupakan istri aktor Ikang Fawzi tersebut menghembuskan nafas terakhir pada Rabu (2/20/2024) pukul 00.50 WIB. 

"Semoga Almarhumah diampuni segala dosanya, diterima segala amal ibadahnya dan berpulang dalam Husnul Khotimah, dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT," tulis pesan singkat tersebut. 

Profil Singkat Marissa Haque

Marissa Haque, lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 15 Oktober 1962, dari pasangan Allen Haque, sang ayah yang memiliki keturunan India-Belanda-Prancis, dan sang ibu Mieke Soeharijah berasal dari Jawa-Madura. Marissa adalah kakak kandung dari Soraya Haque dan Shahnaz Haque.

Di masa kecilnya, Marissa berpindah tempat mengikuti sang Ayah yang bekerja di PT Pertamina. Secara historis, dari TK dan SD di Palembang, ia kemudian berpindah di Jakarta dan melanjutkan pendidikan di SD Tebet Timur Pagi III.

Kemudian, Marissa melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 73, Tebet, Jakarta dan melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 8, Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Marissa juga menekuni dunia pendidikan. Ibu dari Bella Fawzi dan Chiki Fawzi memperoleh gelar Sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti Jakarta, hingga memperoleh gelar Doktor di IPB jurusan Pengelolaan Sumberdaya Alam & Lingkungan Hidup. 

Nama Marissa telah melambung dari dunia film, terutama di era 80-an. Ia telah membintangi beberapa serial ternama. Dia pernah membintangi Bukan Istri Pilihan (1982), Hukum Karma (1983), Jejak Pengantin (1983), Tinggal Landas Buat Kekasih (1984) dan Biarkan Bulan Itu (1986).

Marissa kemudian memenangkan kategori "Aktris Pendukung Terbaik" pada 1985 atas perannya di film Tinggal Landas Buat Kekasih. Lewat perannya di film ini dan Biarkan Bulan Itu, ia juga masuk dalam nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia.

Karier di Politik

Tak berhenti di dunia film, Marissa juga ikut terjun ke dunia Politik. Marissa dilantik sebagai Anggota DPR RI periode 2004-2024 dari fraksi PDI-P. Di tengah itu, ia maju dalam Pilkada Banten 2006 mendampingi Zulkieflimansyah.

Lantaran pencalonan di Pilkada Banten, dia kemudian dikeluarkan dari DPR. Marissa menuturkan ia diminta mundur oleh Pramono Anung, yang kala itu menjabat menjadi Sekretaris Jenderal Partai PDI-P. 

Oleh sebab itu, Marissa bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 2007, dan kemudian pada 2012 ia bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro