Cara mengatasi sakit pungguung/cleveland clinic
Health

Ini Cara Mencegah Nyeri Punggung

Redaksi
Sabtu, 19 Oktober 2024 - 22:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nyeri punggung adalah pengalaman umum yang apabila terjadi secara terus menerus dapat berbahaya.

Dikutip dari MedicalNewsToday, Sabtu (19/10/2024), sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa meningkatkan gerak tubuh dalam aktivitas sehari-hari dapat membantu mengurangi nyeri punggung.

Sebuah studi yang diterbitkan di BMJ Open mengeksplorasi bagaimana mengurangi perilaku duduk selama satu jam sehari dapat membantu mengatasi sakit punggung.

Studi ini merupakan analisis sekunder dari uji coba terkontrol secara acak dan melibatkan 64 orang dewasa. Semua peserta yang dilibatkan memiliki Indeks massa tubuh obesitas atau kelebihan berat badan, dan kurang olahraga. 

Uji coba ini melihat peserta tidak banyak bergerak selama 10 jam atau lebih atau setidaknya memaikai 60% dari waktu pemakaian 24 jam. 

Sebelum memulai percobaan, para peneliti mengukur aktivitas fisik peserta dan perilaku duduk menggunakan akselerometer selama sekitar satu bulan. Para peneliti membagi peserta ke dalam kelompok kontrol dan intervensi. Intervensi berlangsung selama enam bulan.

Kelompok intervensi mencoba mengurangi perilaku menetap satu jam setiap hari. Sementara itu, Kelompok kontrol melanjutkan gaya hidup normal mereka. Rata-rata, peserta dalam kelompok intervensi meningkatkan aktivitas fisik sedang hingga berat sebesar 20 menit sehari dan mengurangi perilaku menetap mereka sebesar 40 menit sehari.

Para peneliti melakukan pemindaian PET dan MRI pada subsampel empat puluh empat peserta untuk memeriksa penyerapan glukosa otot paraspinal dan fraksi lemak.

Secara keseluruhan, kelompok intervensi tidak mengalami perubahan nyeri punggung, sedangkan kelompok kontrol mendapat peningkatan nyeri punggung yang signifikan secara statistik.

Para peneliti juga menemukan hubungan antara peningkatan langkah harian dan penyerapan glukosa otot paraspinal (Otot Punggung) yang lebih baik. Hasilnya menambah bukti bahwa bahkan perubahan sederhana dalam aktivitas dapat bermanfaat bagi orang yang mengalami sakit punggung.

"Nyeri punggung adalah keluhan umum dan terkadang melumpuhkan, kami menemukan bahwa membatasi waktu duduk harian Anda membantu mencegah sakit punggung," Jelas Penulis studi, peneliti doktoral, dan fisioterapis Jooa Norha.

DIkutip dari Healhtline, nyeri punggung tetap menjadi masalah yang menantang yang ditangani oleh dokter dan spesialis. Oleh karena itu, ubah kebiasaan duduk dan perbanyak aktivitas yang menggerakan tubuh. (Enrich Samuel)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro