Glaukoma/kemenkes
Health

10 Risiko Tinggi Glaukoma, Bisa Sebabkan Kebutaan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 20 Oktober 2024 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Glaukoma adalah suatu kondisi mata serius yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan, seringkali hanya dengan sedikit tanda peringatan.

Pemeriksaan mata secara teratur sangat penting untuk mendeteksinya sejak dini. Dengan mengenali indikator awal tertentu, Anda dapat mengambil langkah proaktif untuk melindungi penglihatan Anda.

Dilansir dari timesofindia, Dr. Anita Sethi, Principal Director & HOD - Opthalmology, Max Multi Speciality Centre, Panchsheel park mengatakan dengan menyadari tanda-tanda peringatan dini dan pentingnya pemeriksaan mata secara teratur, Anda dapat membantu melindungi penglihatan Anda dari glaukoma.

Berikut sepuluh tanda penting yang menyarankan Anda sebaiknya menemui dokter mata untuk pemeriksaan.

1. Kacamata baca sejak dini

Biasanya, kacamata baca dibutuhkan sekitar usia 40 hingga 45 tahun. Namun, Anda mungkin memerlukannya lebih awal jika Anda rentan terhadap glaukoma.

2. Perubahan minus atau plus terlalu cepat

Meskipun resep kacamata Anda berubah setahun sekali adalah hal yang normal, jika Anda melihatnya meningkat dengan cepat, hal ini dapat mengindikasikan risiko glaukoma.

3. Riwayat Keluarga Glaukoma

Glaukoma cenderung diturunkan dalam keluarga. Jika Anda memiliki riwayat keluarga, pastikan untuk melakukan pemeriksaan rutin, terutama setelah usia 40 tahun.

4. Diabetes

Jika Anda penderita diabetes atau memiliki riwayat keluarga diabetes, ada hubungannya dengan glaukoma. Pemeriksaan mata secara teratur sangat penting dalam kasus ini.

5. Nyeri dan Kemerahan

Ini mungkin merupakan tanda-tanda glaukoma, tetapi juga tidak spesifik dan mungkin mengindikasikan kondisi mata lainnya.

6. Lingkaran Cahaya Berwarna di Sekitar Lampu

Melihat warna pelangi di sekitar lampu, terutama di malam hari, dapat terjadi pada katarak dan glaukoma. Ini memerlukan kunjungan ke dokter Anda.

7. Tekanan Mata Tinggi

Ini mungkin merupakan temuan yang tidak disengaja selama pemeriksaan rutin, karena tekanan mata tinggi sering kali terjadi tanpa rasa sakit. Pemeriksaan tekanan secara teratur itu penting.

8. Penglihatan Kabur Tanpa Rasa Sakit

Penglihatan kabur pada salah satu atau kedua mata dapat mengindikasikan berbagai penyakit mata, termasuk glaukoma, terutama jika Anda memiliki faktor predisposisi seperti riwayat keluarga atau diabetes.

9. Penggunaan Steroid

Mereka yang menjalani terapi steroid—baik oral atau dalam bentuk obat tetes mata—harus waspada, karena steroid dapat menyebabkan glaukoma. Pemeriksaan mata secara teratur sangat penting.

10. Usia

Siapa pun yang berusia di atas 40 tahun harus sangat memperhatikan tanda-tanda ini dan memprioritaskan pemeriksaan mata secara teratur untuk mendeteksi potensi masalah sejak dini.

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro