Ilustrasi petani memanen tomat - Freepik.
Health

10 Jenis Makanan untuk Merawat Kulit, Bisa Bikin Wajah Glowing

Redaksi
Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:35
Bagikan

6. Daging Jeroan

Jeroan memang lebih dikenal dengan efek sampingnya seperti kolesterol dan darah tinggi. Namun nyatanya jenis makanan ini memiliki sumber protein paling padat nutrisi. Tidak hanya itu, jeroan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan kesehatan kulit.

Sebagai contoh, hati sapi mengandung 85 gram protein yang memenuhi kebutuhan harian Anda akan tembaga dan mineral yang melindungi kulit dari efek berbahaya radikal bebas. Jeroan mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit serta terlibat dalam pematangan kolagen dan pertumbuhan sel-sel kulit.

Selain itu, daging jeroan adalah sumber selenium, vitamin A, dan seng yang terkonsentrasi, yang semuanya memainkan peran penting dalam kesehatan kulit.

7. Kerang

Kerang, seperti tiram, atau bahkan kepiting adalah pilihan baik jika menginginkan kulit yang sehat dan bercahaya. Kerang tidak hanya merupakan sumber mineral pendukung kulit seperti selenium, seng, dan tembaga, tetapi kerang kaya akan protein dan lemak omega-3 anti-inflamasi.

Kerang, seperti tiram, sangat tinggi seng, mineral yang mengatur peradangan pada kulit dan merangsang penyembuhan luka. Sedangkang, selenium, mineral dengan sifat antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif dan sinar UV.

Mengonsumsi enam tiram berukuran sedang setiap hari akan memenuhi kebutuhan harian untuk seng dan selenium.

8. Brokoli

Brokoli adalah sumber serat yang baik, yang membantu meningkatkan lingkungan usus yang sehat. Sayuran ini tinggi vitamin C dan antioksidan polifenol. Polifenol berfungsi membantu menghambat enzim tertentu yang terlibat dalam pemecahan protein kulit kolagen dan elastin, yang dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan.

Zat-zat ini juga membantu melindungi dari kerusakan UV, memberikan efek anti-inflamasi, mempercepat regenerasi kulit, dan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan elastisitas pada kulit. Terlebih lagi, brokoli adalah sumber beta-karoten, karotenoid provitamin A yang memiliki sifat antioksidan.

Makan sayuran, seperti brokoli, memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kulit yang sehat. Plus, tinjauan tahun 2015 dari 18 penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sayuran, buah, dan ikan dalam jumlah tinggi, serta beta-karoten, dan vitamin A, C, D, dan E, berisiko lebih rendah terkena kanker kulit.

9. Semangka

Semangka mengandung lebih dari 90% air, yang menjadikannya pilihan baik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam ke luar. Minum banyak air dan mengonsumsi makanan yang menghidrasi, seperti semangka, dapat membantu menjaga kulit Anda tetap awet muda karena hidrasi membantu mengurangi munculnya kerutan dan alur.

Semangka tidak hanya menghidrasi, tetapi juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan pendukung kulit yang baik seperti likopen dan beta-karoten. Semangka juga menyediakan asam amino L-citrulline, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi yang sehat, yang penting untuk menutrisi sel-sel kulit.

10. Tomat

Tomat adalah sumber makanan utama yang mengandung senyawa likopen karotenoid, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan telah terbukti melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Beberapa temuan penelitian menunjukkan bahwa makan tomat kaya likopen dapat membantu memperbaiki penampilan kulit. Sebuah penelitian tahun 2023 dengan menemukan bahwa suplementasi dengan tomat dan suplemen likopen mengurangi kemerahan kulit dan memperbaiki penampilan dan pigmentasi kulit.

Hal ini mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh UV dan penuaan kulit akibat paparan sinar matahari.

Oleh karena itu kulit membutuhkan pasokan nutrisi yang stabil agar tetap sehat, terhidrasi, dan terlihat awet muda. Cobalah memasukkan makanan yang tercantum di atas ke dalam menu makan sehari-hari. (Enrich Samuel K.P)

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro