Buah alpukat/healthylive.ca
Health

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Alpukat

Nancy Junita
Rabu, 14 Januari 2015 - 05:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Buah alpukat memiliki khasiat yang tak kalah dengan buah lain. Bila selama ini buah apel disebut-sebut bermanfaat “menjauhkan” orang dari dokter, maka alpukat juga demikian.

Alpukat adalah buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Latin. Alpukat kaya lemak tunggal tak jenuh yang mudah dibakar untuk energi. Hal ini diyakini bahwa konsumsi alpukat meningkatkan lemak sehat dan asupan kalori tanpa meningkatkan asupan karbohidrat.

Lemak yang dimiliki alpukat penting untuk  kesehatan jantung. Selain baik untuk jantung, alpukat juga bermanfaat menurunkan berat badan. Berikut tips menurunkan berat badan dengan konsumsi alpukat:

1.Makan segar, bukan makanan olahan, karena bila dimakan dalam keadaan segar akan memiliki lebih banyak vitamin, dan mineral bagi tubuh.

2.Sarapan merupakan hal penting untuk tubuh. Jangan lewatkan alpukat saat sarapan. Cobalah membuat omelet alpukat dengan hanya menambahkan alpukat potong bentuk dadu ke telur kocok. Anda dapat menambahkan sayuran seperti jamur, daun bawang, tomat dan rempah-rempah seperti bubuk lada hitam dan garam.

Omelet  ini tidak hanya sehat, tetapi akan membuat Anda kenyang untuk sementara dan lebih tahan sebagai sumber energi dibandingkan roti atau sereal.

3.Membuat sandwich

Anda bisa menambahkan beberapa iris alpukat, selada dan tomat pada roti gandum dan mayones bebas lemak. Ini adalah pilihan yang lebih sehat dibanding sandwich yang sarat lemak.  Anda bisa menggunakan beberapa alpukat yang dihaluskan untuk lapisan sandwich.

4.Tambahkan alpukat potong menyerupai dadu untuk setiap jenis salad vegetarian. Salad menggunakan kacang pinto atau ayam dan mangga merupakan pilihan yang bagus untuk memulai makan.

5.Siapkan hidangan tradisional yang dibuat dengan alpukat (guacamole) untuk camilan. Caranya adalah cukup tambahkan bawang putih dan tomat potong dadu dengan beberapa alpukat tumbuk. Camilan ini bisa dimakan dengan kerupuk rendah lemak atau sayuran pilihan Anda. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Cara Alami Mencerahkan Ketiak Berwarna Gelap

8 Kebiasaan Sehari-hari Yang Merusak Ginjal

Belajar Bahasa Kedua Tingkatkan Kemampuan Otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : medindia.net
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro