Ilustrasi menurunkan berat badan./Istimewa
Health

Begini Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Nancy Junita
Rabu, 26 Juli 2017 - 14:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Salah satu hal pertama yang muncul dalam pikiran seseorang saat memulai menurunkan berat badan adalah kata 'kalori', kan?

Karena, sudah tertanam dalam pikiran kita bahwa jumlah kalori yang dikonsumsi bisa berbanding lurus dengan kesuksesan menurunkan berat badan.

Nah, kalori pasti penting bila harus menurunkan berat badan. Namun, penurunan berat badan melibatkan banyak faktor lain juga!

Mengonsumsi terlalu sedikit kalori juga bisa mempengaruhi penurunan berat badan secara negatif dan membuat seseorang sangat tidak sehat. Kalori dapat diartikan sebagai satuan energi yang berasal dari makanan yang dikonsumsi, dan digunakan untuk berbagai aktivitas, juga membantu organ tubuh berfungsi dengan baik.

Jika kita tidak mengonsumsi cukup kalori dalam sehari, maka tubuh bisa menjadi sulit untuk melakukan fungsinya, menyebabkan kelelahan, sakit kepala dan penyakit lainnya.

Di sisi lain, ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang diminta, energi ini diubah menjadi lemak, karena tidak digunakan oleh tubuh dan disimpan sebagai sel lemak, membuat Anda bertambah gemuk. Jadi, ketika mengonsumsi kalori dalam jumlah yang tepat, banyak orang menjadi bingung.

Itu karena, makanan yang berbeda memiliki nilai kalori yang berbeda dan jumlahnya meningkat dengan kuantitas. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan sukses, Anda harus terlebih dahulu mempelajari nilai kalori dari makanan, dengan melihat berapa banyak kalori yang terkandung dalam barang yang Anda konsumsi.

Saat ini, ada sejumlah aplikasi dan situs online yang memberi tahu Anda berapa kalori yang Anda konsumsi dalam hitungan menit! Seiring dengan menghitung kalori, juga penting untuk berolahraga, dan diperiksa kondisi yang bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Berikut adalah beberapa informasi tentang berapa kalori yang harus dikonsumsi seseorang dalam sehari untuk menurunkan berat badan.

Kalori vs Berat Badan

Kalori diperlukan untuk menjaga agar tubuh manusia tetap berenergi dan memungkinkannya melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah. Jumlah kalori yang harus dikonsumsi seseorang dalam sehari, sangat bergantung pada usia, jenis kelamin dan aktivitas fisik yang dilakukan dalam sehari oleh orang itu.

Jadi, jika Anda seorang pria berusia antara 19-30, yang sangat aktif sepanjang hari, maka Anda harus mengonsumsi 2600-2800 kalori per hari. Jika Anda adalah wanita dewasa yang aktif, antara usia 19-30, Anda bisa mengonsumsi 2000-2200 kalori dalam sehari.

Nilai kalori di atas hanya berlaku untuk orang-orang yang memiliki berat badan sehat dan tidak berusaha menurunkan berat badan. Jadi, jika Anda adalah seseorang yang mencoba menurunkan berat badan, maka Anda harus mengurangi 500 kalori dari jumlah harian yang dibutuhkan.

Misalnya, pria yang mencoba menurunkan berat badan harus mengonsumsi sekitar 2.000 kalori, sementara wanita yang mencoba menurunkan berat badan harus mengkonsumsi sekitar 1.500 kalori.

Bila Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori, cadangan lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda akan diubah menjadi energi untuk membantu melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga memungkinkan Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : www.boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro